Cara Membedakannya dengan Flu Dan Sinus Serta Gejala Infeksi Sinus

0
253
Ilustrasi (Foto: Craigarmstrongdds)
Ilustrasi (Foto: Craigarmstrongdds)

SESEORANG sering tidak menyadari telah terserang oleh infeksi sinus. Hal ini lantaran gejala infeksi sinus hampir serupa dengan flu, hidung berlendir dan tersumbat.

Namun, ada beberapa gejala infeksi sinus yang tidak akan dialami jika sakit flu. Jadi, waspadai gejala-gejala infeksi sinus berikut ini yang dilansir dari laman Health:

Merasakan sakit dan tekanan di wajah

Sinus (rongga di belakang dahi, tulang hidung, pipi dan mata) berperan membuat tubuh hangat, melembabkan udara yang Anda hirup.

“Fungsi lainnya adalah memastikan kepala Anda tidak terlalu berat. SInus membuka ruang, sehingga kepala tidak seperti seberat satu ton,” tutur Louis Papa, MD, seorang internis dan profesor kedokteran klinis di University of Rochester Medical Center di New York, dikutip Health.

Nyeri wajah ketika menggerakan kepala

Nyeri wajah dan tekanan ketika bersandar atau menggerakan kepala, bisa menjadi tanda infeksi sinus. Hal ini karena peradangan pada selaput sinus, dan keseimbangan lendir-lendir terganggu sehingga terasa nyeri.

“Ketika Anda bersandar ke depan, membran meradang, lendir-lendir sekarang membuat kepala lebih berat dan menjadi kehilangan keseimbangan,” kata Dr Pupa

Sakit kepala

Pembengkakan dan tekanan di wajah yang tidak kunjung sembuh dapat berubah menjadi sakit kepala. Penyumbatan pada sinus dan peradangan menyebabkan otot-otot di sekitar dahi dan bagian atas kepala menjadi tegang, sehingga terasa sakit.

Hidung tersumbat

Hidung tersumbat adalah gejala klasik dari sinusitis. Dr Papa mengatakan, virus atau bakteri memunculkan respon peradangan oleh tubuh.

“Darah mengalir deras ke hidung, membawa sel-sel inflamasi untuk melawan infeksi. Aliran darah yang meningkatkan ini menyebabkan jaringan hidung membengkak. Meskipun hidung tersumbat juga merupakan gejala flu, perbedaannya adalah ketika berlangsung lebih lama itu menandakan sinusitis,” jelas Dr Papa.

source: okezone

LEAVE A REPLY