El Salvador Diguncang Gempa Bumi 7,2 SR Bisa Picu Gelombang Tsunami

0
85

Ilustrasi. Gempa Bumi memicu tsunami. (Foto: BBC)
Ilustrasi. Gempa Bumi memicu tsunami. (Foto: BBC)

SAN SALVADOR – Gempa bumi berkekuatan 7,2 skala Richter (SR) mengguncang pesisir pantai El Salvador, Amerika Tengah. Guncangan tersebut dikabarkan sampai memicu gelombang tsunami.

Diwartakan City A.M., Jumat (25/11/2016), gelombang tsunami terpantau naik sampai tiga meter. Pusat Peringatan Bahaya Tsunami di Pasifik memperkirakan gelombang pasang itu dapat menerjang 300 kilometer kawasan di sekitar pusat gempa.

Berdasarkan laporan badan survey geologi AS (USGS), pusat gempa terdeteksi 92 mil ke selatan barat daya Pelabuhan El Triunfo, El Salvador sejak pukul 18.43 waktu Inggris. Guncangannya terasa tidak hanya di El Salvador juga sampai ke Nikaragua.

Presiden Nikaragua Daniel Ortega mengumumkan keadaan darurat segera setelah gempa bumi yang memicu tsunami dilaporkan. Sementara itu, ribuan orang juga sudah dievakuasi dari wilayah pesisir ke tempat penampungan.

Gempa bumi ini terjadi sehari setelah kawasan Amerika Tengah diminta mewaspai datangnya Badai Otto kategori dua. Ribuan orang yang tinggal di wilayah Karibia atau Amerika Tengah dievakuasi jelang Badai Otto yang tengah menuju Nikaragua dan Kosta Rika. Badai diperkirakan tiba di Nikaragua pada Kamis 24 November 2016 siang waktu setempat.

Sumber: Okezone

LEAVE A REPLY