Ini Alasan Rasulullah SAW Menyuruh Kita Minum dengan 3 Kali Tarikan Napas

0
202
Rasullah SAW menganjurkan minum dengan tiga kali tarikan napas
Rasullah SAW menganjurkan minum dengan tiga kali tarikan napas

SAAT merasa haus, biasanya Anda akan langsung minum dengan sekali teguk atau satu napas. Namun, tahukah Anda jika hal tersebut tidak dianjurkan oleh Rasullah SAW dalam hadis-nya?

Anas bin Malik radhiallahu’anhu menceritakan, biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bernafas tiga kali ketika minum. Hal ini pun tertulis dalam sabda Rasullah SAW.

“Sesungguhnya dengan begini haus lebih hilang, lebih lepas dan lebih enak” (HR. Al Bukhari 5631, Muslim 2028, dan ini adalah lafadz Muslim).

Tetapi, bernapas di sini bukanlah mengeluarkan napas di dalam gelas, melainkan di luar gelas. Karena, dalam hadits lain Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Jika salah seorang di antara kalian minum, janganlah bernafas di dalam bejana (tempat minum)” (HR. Al Bukhari 153, Muslim 267).

Dengan demikian, caranya adalah meneguk air, lalu berhenti dan keluarkan napas di luar gelas, lakukan secara berulang sebanyak tiga kali. Secara ilmiah, minum dengan tiga jeda napas juga dianjurkan.

Karena, seperti dilansir dari Wikihow, minum dengan satu kali napas atau sekali teguk dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut alasan secara ilmiah jangan minum dengan sekali teguk:

1. Studi ilmiah menunjukkan bahwa ada banyak efek berbahaya dari minum air dengan sekali teguk.

2. Kemudian, minum dengan satu kali napas atau sekali teguk juga dapat menyebabkan kerongkongan tersedak, terutama melemahkan otot-otot dan saraf.

3. Selain itu, minum dengan sekali teguk atau satu kali napas dapat merugikan bagi organ liver dan perut.

source: okezone

LEAVE A REPLY