Jepang Siap buat Komputer Paling Kencang di Dunia

0
316

Super komputer milik China, Taihulight Foto: Dok. Jack Dongarra
Super komputer milik China, Taihulight Foto: Dok. Jack Dongarra

Jakarta – Untuk mendukung pengembangan teknologi baru di berbagai industri, pemerintah Jepang berencana membuat komputer paling kencang di dunia.

Tak tanggung-tanggung, untuk mendanai proyek tersebut, Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang akan mengeluarkan dana sebesar USD 173 juta. Semua ini demi mengembalikan kedigdayaan Jepang di dunia teknologi.

Pasalnya beberapa tahun belakangan, Negeri Matahari Terbit itu sudah disalip oleh sejumlah negara seperti Korea Selatan dan China, di bidang produksi bermacam produk elektronik, demikian  dari Reuters, Sabtu (26/11/2016).

Untuk mewujudkan pembuatan komputer super itu, para engineer ditargetkan untuk membuat komputer yang mampu melakukan 130 quadrilion kalkulasi tiap detiknya, atau setara dengan 130 petaflop. Sebagai perbandingan, komputer super milik China yang bernama Taihulight hanya mampu mencapai kecepatan 93 petaflop.

“Sejauh yang kami tahu, saat ini tak (komputer) di luar sana yang secepat ini,” ujar Satoshi Sekiguchi, direktur di National Institute of Advanced Industrial Science and Technology, tempat di mana komputer super itu akan dibuat.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pun sudah mengajak sejumlah perusahaan, birokrat dan berbagai pihak terkait untuk bekerja sama agar Jepang bisa memenangkan persaingan di bidang robot, baterai, energi terbarukan dan berbagai bidang lain di pasar yang sedang berkembang.

Sumber: Detik

LEAVE A REPLY