Libur Natal dan Tahun Baru Tidak Ada Car Free Day

0
83
Suasana pelaksanaan car free day (CFD) di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (30/10/2016).
Suasana pelaksanaan car free day (CFD) di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (30/10/2016).

JAKARTA – Pelaksanaan car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) ditiadakan pada hari raya Natal pada Minggu (25/12/2016) dan tahun baru 2017 pada 1 Januari 2017.

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah menjelaskan, pelaksanaan CFD ditiadakan karena tanggal tersebut merupakan hari libur. Sedianya, pelaksanaan CFD dilakukan tiap hari Minggu.

“HBKB dilaksanakan lagi pada Minggu, 8 Januari 2017,” kata Andri, kepada wartawan, Minggu (25/12/2016).

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga berencana menyelenggarakan car free night pada malam pergantian tahun atau 31 Desember 2016.

Konsep penyelenggaraan car free night tak jauh berbeda dengan CFD. Warga dapat bebas berjalan di sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin dan kendaraan bermotor tidak boleh melintas di sana.

Rencananya, car free night akan dilaksanakan mulai pukul 17.00 hingga 02.00, sehingga car free day pada 1 Januari ditiadakan.

“Nanti Transjakarta beroperasional seperti biasa, tidak boleh berhenti. Baik car free day atau car free night, Transjakarta tetap jalan. Karena itu juga merupakan salah satu transportasi masyarakat utuk menuju ke mana saja,” kata Andri.

Sebanyak lima panggung hiburan yang akan tersebar di lokasi penyelenggaraan car free night. Di tiap panggung hiburan akan ada kantong parkir kendaraan. Panggung pertama terletak di Monas sisi Timur lapangan futsal.

Kantong parkir yang disiapkan di Lapangan Eks IRTI Monas, Masjid Istiqlal, dan Lapangan Banteng. Panggung kedua adalah di depan Gedung Jaya Sarinah.

Kantong parkir yang disiapkan di sana adalah di Jalan Wahid Hasyim. Panggung hiburan ketiga didirikan di Bunderan Hotel Indonesia arah Jalan Imam Bonjol.

Kantong parkir yang disiapkan di Jalan Agus Salim. Kemudian, panggung keempat didirikan di depan Chess Plaza. Kantong parkir yang disiapkan di Gedung Chess Plaza dan Jalan Setia Budi. Panggung kelima berlokasi di pertigaan Bendungan Hilir. Kantong parkir yang disiapkan di Jalan Benhil Raya.

“Dishub menyiapkan 500 petugas dan 20 mobil derek. Lokasi panggung di depan Gedung Jaya Jalan Wahid Hasyim mulai dari depan Metro Tanah Abang ditutup untuk disediakan kantong parkir yang berdekatan dengan panggung. Arus lalu lintas dari Jalan Agus Salim ditutup dialihkan ke Jalan Teresia,” kata Andri.

LEAVE A REPLY