Penampakan “Hiu Hantu” Misterius Tertangkap Kamera Ilmuwan

0
307
Foto: CS Monitor
Foto: CS Monitor

CANBERRA – Dalam sebuah penampakan yang langka, para ilmuwan merekam gambar dari hiu menakutkan dengan warna kebiruan dan abu-abu yang sedang berenang di perairan belahan bumi utara. “Hantu hiu” yang terekam itu sebenarnya bukan hiu, tapi chimaera, atau kerabat yang memisahkan diri dari evolusi sepupu hiu sekira 300 juta tahun lalu.

Makhluk dalam air ini hanya diketahui tinggal di dekat Selandia Baru dan Australia. Namun, ahli biologi kelautan mengatakan bahwa rekaman video ini bisa menunjukkan rentang lokasi lebih besar dari yang sebelumnya mereka sadari.

“Biasanya, orang mungkin tidak akan telah melihat mereka di sekitar daerah ini, sehingga sangat sedikit beruntung penemuan ini,” ujar Direktur Program untuk Pacific Shark Research Center di Moss Landing Marine Laboratories Dave Ebert, mengutip dari National Geographic, Senin (19/12/2016).

Peneliti tidak berangkat untuk mencari hydrolagus trolli atau chimaera biru berhidung runcing ketika mereka mengirim sebuah kendaraan yang dioperasikan jarak jauh untuk menjelajahi perairan lepas dari California dan Hawaii pada 2009. Sebaliknya, para ilmuwan yang terlibat dalam proyek ini adalah ahli geologi tetapi mereka mempelajari biologi motherlode laut pula.

Chimaera yang juga dikenal sebagai baronang, ratfish, atau hiu hantu lebih memilih air dingin dari laut dalam. Secara fisik, hiu hantu ini agak dari mirip seperti nenek moyang dinosaurus laut mereka dengan garis-garis menakutkan di sepanjang kepala dan tubuh.

Rekaman dari para penyelam itu akhirnya dirilis minggu ini oleh Monteray Bay Aquarium Research Institute. Jika makhluk yang ditampilkan dalam video dikonfirmasi benar chimaera biru berhidung runcing itu akan menjadi pertama kalinya bagi para ilmuwan melihat satu dari mereka ada di bumi belahan utara.

LEAVE A REPLY