Pengalihan Lalu Lintas di Jakarta pada Malam Tahun Baru

0
2929
Kosongnya Bundaran HI ditinggal pemudik
Kosongnya Bundaran HI ditinggal pemudik

Jakarta ā€“ Malam perayaan tahun baru 2017 di Jakarta dipastikan bakal bikin macet jalan protokol. Kendati demikian, Dirlantas Polda Metro Jaya memberlakukan Malam Bebas Kendaraan Bermtor (MBKB) di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin.

Buntutnya, arus lalu lintas yang akan melalui jalan-jalan tersebut harus dialihkan. Ini berkaitan dengan adanya lima panggung hiburan seni dan musik yang terletak di lapangan futsal Monas Timur, depan gedung Jaya, bundaran HI, depan Chase Plaza, dan pertigaan Benhil.

Adapun lokasi MBKB dimulai dari bundaran Bank Indonesia sampai Semanggi Jl. Sudirman. Demi menjaga kemanan dan keselamatan pengunjung, Dirlantas Polda Metro Jaya, dikutip dari laman Facebook TMC Polda Metro Jaya, akan memberlakukan rekayasa lalu lintas sebagai berikut:

1. Dari Utara ke Selatan, titik pengalihan arus lalu lintas di traffic light Harmoni.

Kendaraan dari Jl. Hayam Wuruk yang akan mengarah ke Merdeka Barat dialihkan ke Jl Juanda – Pasar baru – Gunung Sahari, atau ke Lapangan Banteng-Merdeka timur-Tugu Tani-dan seterusnya.

2. Kendaraan dari Jl Veteran Raya yang akan mengarah ke Jl Merdeka Utara diluruskan ke Harmoni – Jl Suryopranoto atau Jl Gajah Mada.

3. Kendaraan dari Jl Merdeka Timur yang akan mengarah ke Jl Merdeka Utara dialihkan ke Jl Perwira – Tugu Adipura Pasar Baru – Jl Gunung Sahari atau Veteran Raya – Harmoni – Jl Suryopranoto atau ke Jl Gajah Mada.

4. Kendaraan dari Tugu Tani yang akan mengarah ke Jl MH Thamrin diarahkan ke Jl Merdeka Timur – Jl Perwira – Pasar Baru – dan seterusnya.

5. Akses jalan yang menuju Jl. Jend. Sudirman – Jl MH Thamrin akan dibalikarahkan baik yang dari sisi Barat ke Timur atau sebaliknya.

6. Kendaraan dari Pancoran mengarah Sudirman akan dialihkan ke arah selatan Jl Jenderal Sudirman – Senopati dan seterusnya atau diluruskan ke arah Slipi.

6. Kendaraan dari Slipi mengarah ke Jl Jend Sudirman diluruskan ke arah Rasuna Said dan seterusnya.

7. Kendaraan dari Jl Pattimura atau Jl Sisingamangaraja dialihkan ke Barat, Jl Gatot Subroto atau ke Timur arah Pancoran.

8. Apabila terjadi kepadatan lalin di sekitar Semanggi maka pengalihan arus lalin akan dilaksanakan di Bundaran Senayan. Kendaraan dari Jl Pattimura/Senopati/Sisingamangaraja dialihkan ke Jl Asia Afrika-Pakubuwono-dan seterusnya.

Kondisi itu juga berimbas pada penyesuaian arus lalu lintas dari Jalan tol dengan distribusi arus, serta menyesuaikan perkembangan di lapangan.

LEAVE A REPLY