Puisi Korban Holocaust Laku Terjual Rp2 Miliar

0
76
Inilah puisi buatan Anne Frank yang dilelang di Belanda
Inilah puisi buatan Anne Frank yang dilelang di Belanda

Sebuah puisi karya seorang korban holocaust Nazi laku terjual di pelelangan yang diadakan di Belanda. Puisi karya Anne Frank itu laku terjual 140 ribu euro atau sekira Rp2 miliar.

Dilaporkan, proses lelang dari puisi tersebut di Rumah Lelang Bubb Kuyper Kota Haarlem itu hanya membutuhkan waktu 2 menit. Namun, sang penawar yang mendapatkan puisi tersebut tidak dipublikasikan namanya, hanya diwartakan bahwa ia menawar via internet.

Puisi tersebut merupakan barang langka karena langsung menggunakan tulisan tangan dari Anne Frank. “Selama lebih dari 40 tahun, hanya empat hingga lima dokumen yang ditandatangani oleh sang remaja yang pernah terjual di pelelangan,” ujar Direktur Bersama Rumah Lelang Bubb Kuyper, Thijs Blankevoort, sebagaimana dikutip dari The Guardian, Jumat (25/11/2016).

Puisi dalam bahasa Belanda tersebut bertanggal 28 Maret 1942, tepatnya tiga bulan sebelum Anne dan keluarganya bersembunyi di Amsterdam ketika diburu Nazi. Puisi itu ditulis menggunakan tinta hitam di kertas putih dan ditujukan “untuk (Dear) Cri-cri,” dan langsung ditandatangani oleh Anne.

Anne yang lahir pada 12 Juni 1929 menjadi terkenal usai buku harian yang ditulisnya dipublikasikan usai menjadi korban holocaust. Dalam buku harian itu, ia mendokumentasikan kehidupannya pada 1942 hingga 1944 ketika bersembunyi dari kejaran Nazi yang memburu para warga Yahudi.

Sumber: Okezone

LEAVE A REPLY