Tidak Libur Di Hari Thanksgiving, Trump Sibuk Telefon Lima Pemimpin Dunia

0
139
Donald Trump. (Foto: Josh Husner/The New York Times)
Donald Trump. (Foto: Josh Husner/The New York Times)

WASHINGTON – Saat ini, warga Amerika Serikat tengah memasuki musim liburan. Perayaan demi perayaan mewarnai setiap akhir tahun penduduk setempat, dimulai dengan Thanksgiving, Black Friday hingga Natal dan Tahun Baru.

Meski begitu, Presiden terpilih AS Donald Trump seperti yang pernah dijanjikannya, tidak memiliki waktu untuk berlibur. Tahu dirinya baru dalam dunia politik dan urusan kenegaraan, pebisnis handal di bidangnya tersebut terus memupuk persaudaraan dengan para pemimpin dunia.

CNN, Sabtu (26/11/2016) mewartakan, Donald Trump baru saja berbicara melalui sambungan telefon dengan lima kepala negara dan pemerintahan pada hari yang sama. Tim transisi kepresidenan AS mengungkap, juragan real estate tersebut antara lain sudah melakukan komunikasi dengan Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras, PM Hungaria Viktor Orban, Presiden Panama Juan Carlos Varela Rodriguez dan PM Swedia Stefan Lofven.

Sayangnya, tidak dijelaskan lebih lanjut apa saja yang menjadi poin diskusi Trump dengan kelima pemimpin dunia tersebut. Hanya dikatakan, para PM dan presiden tersebut mengucapkan selamat atas terpilihnya Trump sebagai Presiden ke-45 AS.

Selain itu, Trump juga sudah berbicara dengan PM Slovenia Borut Pahor. Pembicaraan keduanya mendapat sorotan mendalam dari media asing dibandingkan dengan pemimpin dunia lain, sebab momen ini merupakan yang pertama kalinya bagi Trump bertukar tutur dengan kepala pemerintahan di negeri kelahiran istrinya, Melania.

Berdasarkan perhitungan tim transisi kepresidenan Trump, sejak mengikuti pilpres AS selama satu tahun ini, pria berdarah Skotlandia-Jerman itu sudah berbicara dengan 40 pemimpin negara asing.

Di antaranya ada Presiden Rusia Vladimir Putin, sosok yang paling dikagumi oleh Trump. Sebelumnya, dia juga sudah bertemu dengan Presiden Mesir Abdul Fattah as Sisi di New York ketika dilangsungkan Sidang Majelis Umum PBB ke-71.

Sumber: Okezone

LEAVE A REPLY