Toyoto Akan Buat Yaris Berperforma Tinggi

0
53
Sketsa Yaris berperforma tinggi.
Sketsa Yaris berperforma tinggi.

Toyota sudah lebih dulu memperkenalkan Yaris versi balap yang bakal berjibaku pada ajang World Rally Championship (WRC) 2017. Kini, merek mobil terbesar di Jepang itu mulai menggoda publik dengan sketsa baru, diduga varian “high-performance” dari hatchback andalannya tersebut yang mau dijual massal.

Model yang terinspirasi dari Yaris WRC, dimaksudkan agar konsumen bisa merasakan pengalaman yang tak jauh berbeda dengan versi balap. Ini juga merupakan realisasi dari ucapan Johan van Zyl, President and CEO Toyota Eropa Oktober 2016 lalu, saat pertama kali mengumumkan kembalinya Toyota ke WRC.

“Tidak ada gunanya terjun ke motorsport, jika tidak bisa mencerminkannya dalam produk Anda. Kami Toyota Eropa, ingin memberikan sesuatu ke pasar (produk baru), yang akan mencerminkan partisipasi kami di WRC,” ujar Zyl mengutip Autoexpress, Selasa (13/212/2016).

“Saya juga orang yang mencintai mobil, jadi saya ingin melihat bahwa orang-orang seperti saya yang antusias akan motorsport, benar-benar dapat mengalami pengalaman yang sama. Layaknya orang yang suka memakai sepatu Nike yang sama dengan atlet, meskipun mereka tidak bisa lari cepat,” tutur Zyl.

Yaris berperforma tinggi ini, kemungkinan akan didasarkan pada Yaris facelift yang datang tahun depan, dan meluncur di Tokyo Motor Show 2017. Spekulasi yang beredar, pilihan mesin adalah turbocharged 1.5-liter dengan fitur sama seperti di C-HR, bisa mengeluarkan tenaga sampai 180bhp. Ini akan menempatkan Yaris sebagai rival Polo GTi dan Fiesta ST.

Dari sketsa tersebut, menunjukkan profil baru dari Yaris, dengan body kit yang agresif bergaya tiga pintu. Versi “racing” ini kemungkinan akan mengadopsi nama Gazoo Racing, di mana akan menjadi sub-brand baru untuk model performa tinggi masa depan Toyota.

source: kompas

LEAVE A REPLY