Yuk Lihat Katak Pelangi Spesies Baru Mekong

0
341
Foto: Phys
Foto: Phys

MEKONG – Ilmuwan resmi menyatakan bahwa ular berkepala pelangi, katak kecil, dan kadal dengan tanduk naga berada di antara lebih dari 150 spesies baru yang dikonfirmasi tahun lalu terancam punah di wilayah Mekong. Berkelok-kelok dari dataran tinggi Tibet melalui pegunungan dan hutan-hutan Asia Tenggara, Sungai Mekong membantu mempertahankan salah satu daerah yang paling beragam di planet ini.

Spesies katak baru yang ukurannya hanya seujung jari juga ditemukan. Dengan panjang 3 sentimeter, leptolalax isos, pertama kali terlihat pada 2006. Memang antara 1997 dan 2015 telah ada 2.409 spesies baru yang dijelaskan di Greater Mekong.

Selain katak dengan warna menarik tersebut, terdapat pula ular menarik yang ditemukan di kars batu kapur dari Laos utara yang warnanya seperti pelangi di sekitar kepalanya. Di Thailand, pulau wisata Phuket, yang telah melihat perkembangan besar dalam beberapa dekade terakhir, para ilmuwan menemukan kadal (phuketensis acanthosaura) dengan punggung menakutkan yang tampak dari tanduk bawah kepalanya.

Setiap tahun para ilmuwan mengumumkan spesies baru. Namun ada kekhawatiran banyak spesies mungkin mati bahkan sebelum ditemukan di kawasan dunia yang berkembang pesat, sebab aturan hukum ini sangat keras dan penyelundupan satwa liar merajalela.

LEAVE A REPLY