3 Cara Atasi “Google Terus Berhenti” pada HP Xiaomi

  • Whatsapp
Google terus berhenti

Sejumlah pengguna Andorid mengeluhkan Google terus berhenti atau ‘Sayangnya Aplikasi Google Telah Berhenti” pada Selasa (22/6).

Kejadian tersebut sempat mengisi kolomg trending di Twitter. Warganet mengeluhkan Google terus berhenti pada ponsel mereka.

Erornya aplikasi Google tersebut dialami oleh pengguna Android dengan berbagai merek, termasuk Xiaomi.

 

Cara Atasi Google Terus Berhenti pada HP Xiaomi

Pesan ‘terhenti’ ini ditampilkan ketika terdapat eror pada fitur layanan Google Play di HP Xiaomi Anda. Intensitasnya beragam, ada yang notifikasinya sering keluar, namun ada juga yang intesitasnya kecil.

Penyebab yang sering ditemukan adalah permasalahan pada sistem. Seperti pemakaian pengguna sendiri maupun memang bug dari MIUI.

Berikut beberapa solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah Google terus berhenti :

1. Hapus Data pada Layanan Google Play

Google terus berhenti

Menghapus data pada aplikasi Google Play dapan membantu memperbaiki masalah eror termasuk pesan notifikasi Google terus berhenti. Langkahnya adalah :

  1. Buka setelan HP Xiaomi
  2. Buka menu Aplikasi
  3. Usap layar kebawah untuk mencari aplikasi Layanan Google Play
  4. Ketuk tombol Penyimpanan
  5. Ketuk tombol Hapus Data

Tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan selesai. Selanjutnya, Anda direkomendasikan untuk merestart terlebih dahulu HP Xiaomi Anda.

2. Perbarui Layanan Google Play di HP

Google terus berhenti

Cara berikutnya adalah dengan memperbarui layanan Google Play. Sebenarnya pembaruan ini bersifat otomatis, namun bisa saja pengaturannya berubah menjadi manual.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengunjungi Playstore dan cari aplikasi Google Play Services. Jika terdapat versi terbaru, ketuk tombol Update.

3. Update MIUI Ke Versi Terbaru

Google terus berhenti

Dengan melakukan update MIUI ke versi terbaru, secara langsung komponen sistem serta aplikasi bawaan juga akan terupdate. Seperti aplikasi kontak, perpesanan, jam, komponen sistem seperti Playstore dan layanan Google Play. Selain itu, proses ini juga akan memperbaiki bug sehingga ponsel Anda akan semakin stabil.

Langkahnya adalah:

  1. Buka setelan Xiaomi
  2. Ketuk Tentang Telepon pada menu bagian atas
  3. Ketuk Pembaruan Sistem
  4. Tunggu proses pemeriksaan. Jika terdapat update versi terbaru, Anda cukup ketuk tombol Unduh Pembaruan.

Saat proses pembaruan dilakukan, pastikan internet dalan jaringan yang stabil. Jika menggunakan kuota, pastikan kuota Anda cukup. Karea jika proses update ini gagal, dapat menyebabkan masalah lain seperti bootloop atau bahkan mati total.

Sumber: rinditech.com

 

Baca juga: Google Down, Warganet Mengeluh

Pos terkait

Tinggalkan Balasan