Gaji Ke-13 Cair, Simak Tips Mengelolanya dengan Bijak

  • Whatsapp
Gaji Ke-13

Pemerintah mengumumkan gaji ke-13 untuk PNS cair bulan ini. Selain PNS, gaji 13 juga cair untuk TNI, Polri dan pensiunan 2021 pada Juni 2021.

Pembayaran tersebut berdasarkan pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 63 Tahun 2021 tentang Pemberian THR dan Gaji Ke-13 kepada ASN, Pensiunan, Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan Tahun 2021.

Sudarso, Direktur Pelaksanaan Anggaran Dirjen Perbendaharaan Kementrian Keuangan menyebutkan pencairan gaji ke 13 paling cepat di bulan Juni.

“Seusai PP 63, gaji ke 13 dibayarkan paling cepat pada bulan Juni,” kata Sudarso yang dikutip dari okezone.com pada Selasa (1/6/2021).

Kabar ini tentunya merupakan kabar bahagia bagi para aparatur negara. Namun harus dipikirkan pula bagaimana mengelola dan mengalokasikan gaji ke-13 dengan bijak agar dapat digunakan dengan maksimal.

Tips Mengelola Gaji Ke-13 dengan Bijak

  • Dahulukan pembayaran cicilan dan kebutuhan rutin dengan gaji, sehingga saat gaji ke-13 turun tidak terkesan hanya untuk kebutuhan rutin dan cicilan.
  • Sisihkan minimal 5% untuk membangun dana darurat dan 5% untuk premi asuransi. Jangan lupa pula untuk menyimpan gaji 13 Anda pada tabungan pendidikan anak.
  • Selain menabung di bank untuk keperluan dana kas, dana darurat dan pengeluaran sehari-hari, gaji 13 dapat juga digunakan untuk berinvestasi di pasar modal. Jenis investasi di pasar modal sangat beragam. Anda dapat berinvestasi berupa saham, obligasi, sukuk atau reksadana, dengan tingkat risiko yang diinginkan. Setidaknya, alokasikan sebesar 15% untuk pos tabungan dan investasi ini.
  • Untuk menjaga agar dana kita tidak keluar untuk kepentingan non esensial dan sekadar lapar mata, jangan lupa untuk menghitung serta membatasi diri dari belanja . buat alokasi dana belanja dengan membuat daftar skala prioritas.
  • Tips berikutnya, sisihkan 2,5% untuk zakat dan bersedekah. Jangan lupa untuk mendahulukan keluarga, sanak saudara terdekat dalam bersedekah.

 

Baca juga: Belanja Dari Rumah, Ini Cara Cek Ukuran Sepatu

Pos terkait

Tinggalkan Balasan