8 Juni: Hari Laut Sedunia, Begini Peringatannya di Masa Pandemi

  • Whatsapp
Hari Laut Sedunia
Poster Peringatan Hari Laut Sedunia (Foto Instagram/kemensetneg)

Hari Laut Sedunia atau Ocean World Day diperingati setiap tanggal 8 Juni. Peringatan ini dilakukan sebagai bentuk perhatian mengenai pentingnya ekosistem laut yang selama ini menjadi sumber daya yang dibutuhkan bagi manusia.

Sejarah Hari Laut Sedunia

Hari Laut Sedunia mulai diinisiasi sejak tahun 1992. Melansir Detik.com, deklarasi ini dilakukan pertama kali di Rio de Janeiro, Brasil yang digagas saat Konferensi PBB tentang Lingkungan Hidup dan Pembangunan (UNCED).

Dalam pertemuan itulah, organisasi non pemerintah (LSM) dan masyarakat sipil bertukar opini tentang isu-isu lingkungan.

Pada saat itu, Sekretaris Jenderal PBB menyampaikan keprihatinannya soal isu laut dan implementasi Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS), ruang maritime, pelayaran internasional, kemanan maritime, ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan, keanekaragaman hayati laut, lingkungan laut dan pembangunan berkelanjutan, perubahan iklim dan kerjasama regional dan internasional.

Peringatan Hari Laut Sedunia di Masa Pandemi

Semenjak pandemic COVID-19 melanda hampir di seluruh dunia, perayaan Hari Laut Sedunia tidak lagi dilakukan di kantor pusat PBB di New York. Seperti tahun 2020 lalu, perayaan virtual pertama diselenggarakan.

Pada tahun 2021 ini, peringatan Hari Laut Sedunia kembali digelar secara virtual. PBB mengusung tema ‘Lautan: Kehidupan dan Sumber Penghidupannya’.

Peringatan ini dilakukan oleh Divisi Urusan Kelautan dan Hukum Laut (DOALOS) Kantor Hukum PBB bekerja sama dengan organisasi nirlaba Oceanic Global. Acara yang dilakukan secara virtual ini akan membahas tuntas terkait keajaiban laut dan bagaimana laut menjadi sumber kehidupan manusia dan setiap organisme lain di bumi.

Tema ini sangat relevan menjelas Dekade Ilmu Kelautan untuk Pembangunan Berkelanjutan yang akan berlangsung dari tahun 2021 hingga 2030. Decade ini nantinya akan memperkuat kerja sama internasional untuk mengembangkan penelitia ilmiah dan teknologi inovatif yang dapat menghubungkan ilmu kelautan dan kebutuha masyarakat.

 

Baca juga: Apa Itu Inflasi, Penyebab dan Dampaknya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan