Sah! Libur PHBI Digeser, Cuti Natal Dihapus

  • Whatsapp
Cuti Natal Dihapus

Pemerintah melalui Menko PMK, Muhadjir Effendy, resmi memutuskan bahwa libur PHBI digeser dan cuti Natal dihapus. Ini merupakan kali kedua pemerintah merevisi daftar libur nasional dan cuti bersama untuk tahun ini.

PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) tersebut di antaranya peringatan Tahun Baru Islam dan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Keputusan tersebut disepakati dalam rapat tingkat menteri yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudyaan (PMK), Muhadjir Effendy di Kantor Kemenko PMK, Jumat (18/6/2021).

“Pemerintah memutuskan untuk mengubah dua hari libur nasional dan meniadakan satu hari libur cuti bersama,” ucap Muhadjir dalam konferensi pers virtual , Jumat (18/6/2021) yang dilansir dari Tribunnews.

Hal tersebut merupakan upaya pengendalian COVID-19 yang saat ini belum menunjukkan titik penurunan kurva kasus positif harian. Sehingga pemerintah memustuskan untuk menggeser beberapa libur nasional keagamaan dan cuti Natal dihapus.

Daftar Libur Nasional yang Digeser dan Cuti Natal Dihapus

  1. Libur tahun baru Islam yang seharusnya Selasa, 10 Agustus, diubah menjadi Rabu, 11 Agustus 2021.
  2. Libur Maulid Nabi Muhammad SAW yang awalnya Selasa, 19 Oktober, digeser menjadi Rabu, 20 Oktober 2021.
  3. Cuti Natal 2021 pada tanggal 24 Desember 2021 dihapus.

Sebelumnya pemerintah telah menetapkan hari libur nasional dan cuti bersama untuk tahun 2021, pada September 2020 lalu. Saat itu, penetapan libur nasional dan cuti bersama tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) yang ditandatangani tiga menteri, yaitu Menag, Menaker dan MenPAN-RB. Namun keputusan tersebut diubah pada Februari 2021 dan kembali direvisi pada Juni 2021.

 

Baca juga : Ribuan Karyawan PT Pan Brothers Demo Gegara Gaji dan THR

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan