5 Kota Ini Selenggarakan Vaksinasi Covid Secara Gratis, Ini Caranya

  • Whatsapp
Vaksinasi Covid
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (shutterstock)

Program vaksinasi Covid yang diselenggarakan sejak 13 Januari 2021 lalu, saat ini mulai menyasar masyarakat umum yang berusia 18 tahun ke atas.

Pada tahap awal program vaksinasi Covid diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes) di seluruh Indonesia. Kemudian secara bertahap diberikan kepada pegawai pemerintahan, tenaga pendidik, lansia dan beberapa target prioritas lain.

Saat ini, masyarakat umum yang berusia di atas 18 tahun sudah dapat mengajukan diri untuk menjadi penerima vaksin melalui mekanisme yang ada. Vaksinasi Covid-19 ini dilakukan dan diberikan secara gratis, tanpa dipungut biaya.

Program Vaksinasi Covid di Beberapa Kota di Pulau Jawa

Berikut beberapa informasi mengenai layanan vaksinasi Covid untuk masyarakat umum yang berusia 18 tahun ke atas, yang telah digulirkan ke sejumlah kota.

1.Jakarta

Melansir Kompas.com, Jumat (11/6/2021) Kementrian Kesehatan Republik Indonesia telah memberikan izin pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan target masyarakat umum di DKI Jakarta.

Peserta dapat melakukan pendaftaran vaksinasi melalui aplikasi Peduli Lindungi atau link pendaftaran yang tersedia di tempat vaksinasi berlangsung.

Vaksinasi dapat dilakukan di seluruh fasilitas layanan vaksinasi DKI Jakarta, salah satunya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta. Pelayanan vaksin di RSCM dibuka setiap hari mulai pukul 08.00-12.00, di Poliklinik Madya RSCM.

Peserta wajib memiliki KTP DKI Jakarta atau surat keterangan domisili DKI Jakarta, guna mendapatkan layanan vaksinasi.

2.Bandung

Bagi Anda warga Kota Bandung, dapat melakukan vaksinasi di RSUD Kota Bandung. Masyarakat umum yang berusia di atas 18 tahun sudah bisa melakukan vaksin di RSUD Kota Bandung mulai Jumat (18/6/2021).

Akun Facebook RSUD Kota Bandung secara resmi mengumumkan membuka layanan vaksinasi untuk masyarakat umum, dengan persyaratan memiliki KTP Kota Bandung atau Surat Keterangan Domisili di Kota Bandung.

Formulir dapat diakses melalui tautan berikut https://bit.ly/3wCzfG3

Calon peserta penerima vaksin akan mendapatkan informasi terkait jadwal layanan vaksin dari Tim Vaksinasi Kota Bandung melalui SMS dan WhatsApp. Pastikan Anda memasukkan data diri dan nomor telepon dengan benar.

3.Surabaya

Masyarakat umum berusia 18 tahun yang tinggal di Kota Surabaya dapat mendaftarkan diri untuk menerima vaksin secara online.

Pendaftaran tidak terbatas untuk warga ber-KTP Surabaya saja, namun juga bagi warga KTP luar Surabaya yang berdomisili di kota tersebut.

Humas Kota Surabaya melalui akun Twitter resminya menginformasikan bahwa masyarakat Kota Surabaya sudah bisa mendaftarkan diri sebagai penerima vaksin.

Dengan persyaratan sebagai berikut:

  • Masyarakat 18 tahun keatas
  • Ber-KTP Surabaya
  • Ber-KTP luar Surabaya, wajib menunjukkan Surat Keterangan Non Permanen dari RT setempat atau melakukan pengajuan melalui aplikasi Puntadewa
  • Membawa fotokopi KTP/KK
  • Lolos skrining di tempat vaksinasi

Calon peserta penerima vaksin dapat melakukan pendaftaran pada tautan berikut bit.ly/pendaftaranvaksin18tahun

Setelah melakukan pendaftaran, tunggu pemberitahuan Dinas Kesehatan Surabaya atau Puskesmas terdekat untuk ditentukan jadwal dan tempat vaksinasi.

4.Semarang

Bagi Anda warga Jawa Tengah yang berusia 18 tahun yang tinggal di kota Semarang dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 gratis.

Mengutip Kompas.com, Jumat (11/6/2021) pelaksanaan vaksinasi diselenggarakan di Gedung Bhakti Praja Jalan Pahlawan No. 9 Semarang.

Agung Kristiyanto Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Prov. Jawa Tengah menyebutkan bahwa kuota vaksinasi per hari sekitar 1.000 orang.

Pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan setiap hari Senin-Jumat pukul 07.00-14.00 WIB dan diselenggarakan hingga Desember 2021.

Untuk dapat menerima vaksin, Anda cukup datang ke lokasi dan mengambil nomor antrian dengan membawa KTP Jawa Tengah atau surat domisili Jawa Tengah dari RT setempat.

5.Yogyakarta

Mengutip Kompas.com, Rabu (16/6/2021) Rumah Sakit Bethesda dan Panti Rapih membuka layanan vaksinasi untuk warga Kota Yogyakarta.

Kepala Humas RS Panti Rapih, Maria Vita, menginformasikan bahwa layanan vaksinasi untuk masyarakat umum dimulai sejak 6 Juni 2021 dan diprioritaskan bagi wagra yang berdomisili di Kota Yogyakarta.

Calon peserta penerima vaksin dapat melakukan pendaftaran H-1 sebelum pelaksanaan dengan menghubungi nomor telepon (0274) 514004 atau 514008.

Kuota vaksinasi per hari di RS Panti Rapih sebanyak 150 orang dan pelaksanaannya dimulai pukul 07.30 hingga 10.00 WIB.

Sedangkan untuk RS Bethesda, menurut informasi yang disampaikan oleh pihak Humas dan Marketing, RS Bethesda memulai pelayanan vaksinasi untuk pra lansia, lansia dan pelayanan publik di Kota Yogyakarta pada tanggal 15 Juni 2021.

Calon peserta dapat menghubungi nomor telepon (0274) 521249, 521250 mulai H-3 atau maksimal H-6. Pendaftaran juga bisa dilakukan melalui aplikasi Moblie RS Bethesda di Smartphone Anda.

Calon penerima vaksin wajib membawa KTP dan persyaratan lain yang dibutuhkan seperti surat keterangan kerja atau fotokopi kartu anggota untuk ASN, TNI, Polri atau guru.

 

Baca juga: Varian Baru Corona Semakin Merajalela, Perhatikan 7 Tips Cara Mencegahnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan