Gempa Bengkulu, M5,5 Tidak Berpotensi Tsunami

  • Whatsapp
Gempa Bengkulu

Gempa Bengkulu dengan kekuatan M5,5 terjadi pada Sabtu (3/7/2021) sekitar pukul 20.09 WIB yang berpusat di Kabupaten Seluma, Bengkulu.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan geofisika (BMKG) melaporkan dalam rilis resminya, pusat gempa Bengkulu yang berkekuatan magnitudo 5,5 itu terletak di laut 41 km barat daya Kabupaten Seluma, Bengkulu. Episenter gempa berada pada titik koordinat 4,36 LS dan 102,34 BT.

Bacaan Lainnya

BMKG juga melaporkan, gempa dengan kedalaman 26 km itu tidak berpotensi Tsunami. Namun, warga dihimbau untuk tetap mewaspadai adanya gempa susulan.

“Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” tulis BMKG pada situs resminya.

Belum diketahui adanya laporan kerusakan dampak guncangan gempa Bengkulu tersebut. Namun gempa M5,5 itu dapat dirasakan di sejumlah daerah seperti Manna dengan skala IV MMI, Bengkulu Tengah III MMI, Kota Bengkulu III MMI, Argamakmur III MMI, Kepahiang III MMI, Curup III MMI, Liwa II MMI, Enggano II MMI dan Mukomuko II MMI.

Gempa Bengkulu

Gempa tersebut diketahui mengguncang Kabupaten Seluma, Bengkulu saat hujan gerimis. Sehingga membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah.

“Gempa ini cukup kuat sampai dinding rumah bergetar lumayan kencang dan hampir seluruh warga berlarian keluar rumah,” ujar Supratman, Ketua RT 02 Kelurahan Jalan Gedang, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu yang dikutip dari Okezone.

BMKG mengungkapkan, gemba bumi yang terjadi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia.

Baca juga: Gempa 5,3 SR di Gunungkidul, BMKG Himbau Tetap Waspada

Pos terkait

Tinggalkan Balasan