Kualifikasi F1 GP Inggris, Lewis Hamilton Tempati Posisi Pertama

  • Whatsapp
f1
pixabay

Ajang balap jet darat Formula 1 (F1) memaskui hari kesepuluh tahun ini pada laga Formula 1 GP Inggris. Lewis Hamilton cetak rekor untuk menempati posisi start terdepan.

Hamilton menjadi yang tercepat pada kualifikasi F1 GP Inggris. Hal ini membuatnya akan menempati posisi start terdepan di sprint race yang akan digelar kali pertama di ajang Formula 1.

Bacaan Lainnya

Seri ini sekaligus menjadi debut bagi sistem baru, yaitu sprint race. Dengan adanya sistem baru ini, jadwal balapan mengalami peruabahan.

Setelah menyelenggarakan free practice pertama pada Jumat (16/7) malam, rangkaian F1 GP Inggris 2021 langsung dilanjutkan padasesi keualifikasi dan disusul dengan free practice kedua.

Hasil kualifikasi ini nantinya digunakan untuk menentukan posisi start pada sesi sprint race yang akan digelar Sabtu (17/7) malam, setelah free practice kedua.

Dalam sesi sprint race, para pembalap harus menempuh jarak 100 kilometer tanpa diperbolehkan masuk ke pit untuk mengganti ban.

Hasil sprint race ini nantinya juga akan menjadi penentu posisi start pada ajang balapan utama F1 GP Inggris yang akan digelar Minggu (18/7) malam di sirkuit Silverstone.

Kualifikasi F1 GP Inggris

F1
Hasil kualifikasi Formula 1 GP Inggris (Twitter/F1)

Dalam sesi kualifikasi pertama yang digelar Sabtu (17/7) dini hari, Max Verstappen (Red Bull) sukses menjadi yang tercepat dan diikuti oleh Lewis Hamilton (Mercedes).

Sementara itu, Duo Haas yakni Mick Schumacher dan Nikita Mazepin harus tersingkir bersama Kimi Raikkonen, Yuki Tsunoda dan Nicholas Latifi karena berada pada posisi lima terbawah.

Pada sesi kedua (Q2) situasi berbalik, Lewis Hamilton menggeser posisi Max Verstappen dan menjadi yang tercepat. Sementara itu George Russell (Williams) membuat kejutan dengan lolos ke Q3 usai berada di tempat ketujuh.

Hamilton Rebut Posisi Start di Sprint Race Perdana F1 GP Inggris

F1
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton pada Formula 1 GP Inggris (REUTERS/Andrew Couldridge)

Pada Q3, Hamilton yang tampil di kandang sendiri itu berhasil mencatatkan waktu 1 menit 26,134 detik. Dalam posisinya ini, Hamilton masih terancam oleh Verstappen yang masih belum menyelesaikan kualifikasinya.

Hamilton akhirnya dapat memastikan dirinya di posisi start terdepan di sesi sprint race setelah Verstappen hanya mampu mencatatkan waktunya 1 menit 26,209 detik. Terambat 0,075 detik dari Hamilton.

Sementara itu rekan satu tim Hamilton di Mercedes, Valtteri Bottas menempati posisi ketiga. Disusul Charles Lecrec (Ferrari) dan Sergio Perez ( Red Bull) di posisi keempat dan kelima.

Dengan hasil ini, Lewis Hamilton akan menjadi pembalap yang start terdepa di sprint race F1 GP Inggris pada Minggu (18/7) malam nanti.  Ajang ini juga menjadi sprint race pertama Formula 1.

Sumber: Indosport

Baca juga: Lionel Messi Torehkan Rekor untuk Argentina pada Copa America 2021

Pos terkait

Tinggalkan Balasan