Lucas WayV Tertimpa Skandal Gaslighting Kepada 2 Mantannya, Apa Itu?

  • Whatsapp
Lucas
Lucas WayV

Member Grup NCT yang juga tergabung dalam sub unit WayV, Lucas, saat ini tengah disorot usai seorang warganet membuat pengakuan pernah menjalin kedekatan dengan sang Idol.

Tidak hanya mengaku sebagai mantan pacar, warganet tersebut juga membeberkan sederet perilaku buruk yang diduga dilakukan oleh Lucas. Isu tak sedap itu pun langsung membuat pria bernama lengkap Wong Yuk Hei tersebut ramai diperbincangkan di Twitter, terlebih para fans-nya.

Bacaan Lainnya

Rumor tersebut bermula saat seorang warganet Korea Selatan , sebut saja A pada 23 Agustus 2021. Ia menyatakan diri sebagai mantan kekasih Lucas yang menjadi korban gaslighting. Ia juga menuduh Lucas sebagai seorang gold digger (matre).

Pengakuan yang disampaikan oleh A, ia merupakan penggemar Lucas yang kemudian melakukan pendekatan dan mulai berkencan. Menurutnya, Lucas melakukan gaslighting dengan kata-kata seperti, “Aku tidak suka kalau kamu bersikap terlalu seperti penggemar,” dan “Jangan menjadi penggemar lagi,” saat Lucas putus dengannya karena jadwal yang padat.

Lucas

A pun menyatakan, dia telah membelikan sang idol hadiah mewah yang awalnya diterima dengan senang hati. Namun kemudian Lucas menolaknya dan mengatakan bahwa ia menghasilkan cukup uang dan tidak membutuhkan hadiah kecuali itu adalah rumah atau mobil.

A menulis, “Dia selalu datang ke kamar hotel, memesan layanan kamar, tidur dan pergi. Dari saat kami check out, dia akan menghilang dari jangkauan dan menjaga jarak dan berkata bahwa dia merasa tidak nyaman.”

“Dia tidak mengucapkan sepatah kata pun terima kasih dan menerima begitu saja bahwa saya membayar untuknya,” tulis A seperti yang dikutip Soompi via Tirto.id.

Sebagai dukungan atas klaimnya, A mengungkapkan kutipan obrolannya dengan Lucas dan foto-foto yang dikirimkan olehnya kepada A.

Keesokan hariya, seorang warganet China mengungkapkan pengalaman A serupa dengan dirinya dan mengklaim bahwa Lucas telah berkencan dengannya dan A pada saat yang sama.

Apa Itu Gaslighting?

Gaslighting adalah bentuk kekerasan emosional yang terlihat dalam huungan tidak sehat atau abusive relationship. Dalam situs Healthline disebutkan, gaslighting merupakan tindakan memanipulasi seseorang dengan memaksa mereka untuk mempertanyakan pikiran, ingatan dan peristiwa yang terjadi di sekitar mereka.

Seorang korban gaslighting bisa dipojokkan hingga mereka mempertanyakan kewarasan mereka sendiri.

Istilah “gaslighting” berasal dari drama dan film yang disebut “Gaslight.” Dalam film tersebut mengisahkan suami yang licik, yang diperankan oleh Charles Boyer, memanipulasi dan menyiksa istrinya, yang diperankan oleh Ingrid Bergman, untuk meyakinkan istrinya bahwa dia adalah orang gila.

Gaslighting baik disengaja atau tidak, adalah bentuk manipulasi. Gaslighting dapat terjadi dalam banyak jenis hubungan, termasuk hubungan dengan bos, teman, dan orang tua. Tetapi salah satu bentuk gaslighting yang paling merusak adalah ketika itu terjadi dalam hubungan antara pasangan.

Beberapa tanda yang menunjukkan bahwa seseorang menjadi korban gaslighting di antaranya adalah sering meminta maaf, memiliki perasaan bahwa ada sesuatu yang salan namun tidak mampu mengidentifikasi apa masalahnya, menjadi lebih cemas dan kurang percaya diri dan merasa semua yang dilakukan adalah salah.

Lucas dan Pihak SM Entertainment Minta Maaf

Lucas
Surat permintaan maaf (Twitter/NDhite)

Pada Rabu, 25 agustus 2021, SM Entertainment secara resmi merilis pernyataan yang menyatakan Lucas akan menghentikan aktivitasnya untuk merenungkan tindakannya. Perilisan lagu barunya yang bertajuk “Jalapeno” pun juga ditunda karena masalah ini.

“Kami menyadari keseriusan masalah ini dan telah memutuskan untuk menghentikan perilisan semua konten untuk single WayV Lucas dan Hendery ‘Jalapeño’, termasuk lagu dan video musik yang dijadwalkan akan dirilis pada 25 Agustus pukul 6 sore KST,” tulis SM Entertainment.

Di hari yang sama, Lucas mengunggah surat permintaan maaf tulisan tangan dalam bahasa Mandarin di Instagram-nya, bersama dengan terjemahan bahasa Korea dalam keterangan yang dia jelaskan diterjemahkan dengan bantuan orang-orang di sekitarnya.

“Saya meminta maaf kepada mereka yang terluka oleh perilaku saya yang salah. Jika Anda memberi saya kesempatan, saya ingin menyampaikan kata-kata permintaan maaf saya secara pribadi,” tulisnya.

Ia pun mengakui, perilaku yang ia lakukan adalah salah dan tidak bertanggung jawab. Ia juga memastikan hal seperti itu tidak terjadi lagi “Saya akan menghentikan semua kegiatan terjadwal saya untuk mengambil waktu merenungkan diri saya sendiri. Saya dengan tulus meminta maaf,” pungkasnya.

Baca juga: 5 Fakta Skandal Kim Min Gwi ‘Nevertheless’, Sutradara Kurangi Jatah Akting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan