Menganut Agnostik, Agama Coki Pardede Sering Dipertanyakan

  • Whatsapp
agama coki pardede
Selain kasus narkoba yang menimpanya, agama Coki Pardede sering dipertanyakan (Instagram/cokipardede666)

Komika Coki Pardede ditangkap kepolisian Satresnarkoba Polres Tangerang Kota atas kepemilikan sabu-sabu pada Rabu (1/9) malam.

Komika yang kerap melontarkan pernyataan kontroversial ini pun menjadi bulan-bulanan publik atas apa agama Coki Pardede sebenarnya.

Bacaan Lainnya

Dalam beberapa kesempatan, ia blak-blakan mengaku memiliki pandangan agnostik. Coki Pardede yang menganut agnostik, kerap disamakan dengan atheis karena keduanya hanya sebuah kepercayaan, bukan sebuah agama.

Agnostik beranggapan bahwa keberadaan Tuhan adalah hal yang tidak dapat dibuktikan dengan nalar manusia. Coki Pardede dengan kepercayaan agnostiknya menganggap ada atau tidaknya Tuhan tidak dapat diketahui dengan cara apapun.

Ditanya Seputar Kepercayaan dan Agama Coki Pardede, Ia Yakin dengan Agnostik

agama coki pardede
CURHAT BANG Denny Sumargo dalam episode agnostik dan agama Coki Pardede

Kabar penangkapan Coki Pardede atas kasus tindak penyalahgunaan narkoba menjadikan daftar panjang sedert artis yang terseret kasus barang haram itu.

Usai penangkapan Coki, Denny Sumargo melalui kanal YouTube pribadinya membagiikan konten vlog bersama Coki. Siapa sangka, Coki membahas soal pandangannya soal agama.

“Orang yang plaing interest sama lo, apa sih?” tanya Denny Sumargo melalui kanal YouTUbe CURHAT BANG Denny Sumargo, mengutip MSN Jumat (3/9).

Point of view gue tentang beberapa hal sih,” jawab Coki.

“Kalau yang agnostik itu?” cecar Denny.

“Penasaran juga, karena kan gak umum, dalam konteks proklaim, yang kayak gue banyak,” balas komika yang berusia 33 tahun itu.

Coki Pardede pun menyampaikan pandangan agnostik menurutnya. Ia menyatakan seorang agnostik percaya kepada Tuhan, namun tergantung kepada bukti-bukti nyata.

“Jadi agnostik tuh sebenernya stands kita terhadap Tuhan itu bergantung kepada bukti-bukti empiris. Jadi bukan kita tidak percaya, tapi untuk saat ini berdasarkan tolak ukur, bukti empiris, belum ada pembuktiannya,” jelas Coki Pardede.

Jelaskan Definisi Agnostik

agama coki pardede
Agama Coki Pardede (Instagram/cokipardede666)

Mendengar penjelasan Coki Pardede, Denny Sumargo bertanya-tanya apa sebenarnya definisi dari agnostik. Rekan Tretan Muslim itu pelan-pelan menjelaskan kepercayaan agnostik kepada Denny.

“Tunggu-tunggu, agnostik itu artinya apa?” tanya Denny Suamrgo.

“Nostik itu artinya percaya. Agnostik itu sebenarnya lebih ketidak tahu artinya,” papar Coki.

Saat Denny Sumargo menyatakan agnostik cenderung lebih ketidakpercayaan kepada Tuhan, Coki Pardede pun membantah. Ia seolah tidak mau dicap sebagai atheis, melainkan agnostik.

“Tidak tahu atau tidak percaya?” cecar mantan pebasket ini.

“Bukan tidak percaya. Kalau tidak percaya itu atheis. Sebenarnya gua agak lupa, agnostik kayaknya (istilah) yunani. Nostik itu biasanya yakin, agnostik itu sebenarnya tidak yakin. Jadi sebenarnya agnostik itu artinya kami tidak tahu,” ungkap Coki.

Menurut Coki, seseorang yang menganut paham agnostik cenderung ketidaktahuan terhadap kuasa Tuhan. Menurutnya, agnostik harus melihat bukti-bukti nyata yang cukup dari kuasa Tuhan sebelum percaya.

“Kenapa kami tidak tahu? Karena bukti-buktinya tidak cukup,” tegas Coki mengenai kepercayaan agnostik yang dianutnya.

Sebelum tersandung kasus narkoba, Coki Pardede kerap menuai kontroversi. Salah satunya adalah kontroversi dalam kasus penistaan agama pada tahun 2018.

Kala itu, Coki Pardede dan Tretan Muslim yang dikenal melalui duet Majelis Lucu Indonesia (MLI) dituding telah menistakan agama Islam.

Mengenai apa agama Coki Pardede sebenarnya, ia tidak menjelaskan lebih lanjut. Karena yang ia yakini saat ini merupakan kepercayaan agnostik.

Baca juga: Coki Pardede Terjerat Kasus Kepemilikan 0,5 Gram Sabu, MLI Minta Maaf

Pos terkait

Tinggalkan Balasan