Jatuh pada 11 Maret 2021, ini Amalan Sunnah 27 Rajab

  • Whatsapp
Amalan Sunnah 27 Rajab
Amalan Sunnah 27 Rajab (milada vigerova/ Unsplash)

Berdasarkan kalender hijriah malam 27 Rajab 2021 jatuh pada tanggal Rabu 10 Maret 2021. Dan pada Kamis 11 Maret 2021 merupakan tanggal merah diperingatinya peristiwa Isra Miraj 2021. Karena pentingnya peristiwa itu, banyak umat Islam yang memperbanyak amalan sunnah 27 Rajab 2021 jatuh pada tanggal 10 Maret 2021. Amalan ibadah tersebut yakni seperti puasa, baca Al Quran, dan amalan amalan lainnya.

Berdasarkan sejarah nabi, Isra Miraj adalah peringatan dua peristiwa berbeda yang sangat penting dalam ajaran Islam sehingga umat Islam di dunia selalu memperingatinya.

Amalan Sunnah 27 Rajab

1. Memperbanyak Istighfar

Umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak istighfar atau memohon ampunan kepada Allah SWT. Peristiwa Isra’ Mi’raj yang terjadi pada bulan Rajab ini, Allah SWT akan mengampuni dosa – dosa setiap hamba-Nya. Amalan sunnah yang dapat dilakukan adalah dengan membaca doa sayyidul istighfar:

“Allohumma thohhir lisaanii minal kadzibi wa qolbii minan nifaaqi wa ‘amalii minar riyaa-i wa bashorii minal khiyaanati fa innaka ta’lamu khoo-inatal a’yuni wa maa tukhfish shuduuru.”

Artinya “Ya Allah, sucikanlah lisanku dari dusta, sucikanlah hatiku dari kemunafikan, sucikanlah amalku dari riya, sucikanlah penglihatanku dari khianat, sesunguhnya Engkau mengetahui pengkhianatan mata dan apa yang disembunyikan oleh hati.”.

2. Membaca Dzikir

Nabi Muhammad SAW ketika melakukan perjalanan Isra’ Mi’raj, senantiasa melakukan dzikir yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim AS. Umat muslim dapat membaca dzikir berikut ini.

“Laa haula walaa quwwata illa billah”.

Artinya “Tidak ada daya dalam menjauhi maksiat dan tidak ada upaya menjalankan ketaatan melainkan dengan pertolongan Allah.”

3. Puasa Rajab

Puasa rajab merupakan salah satu amalan sunnah yang dilaksanakan pada bulan Rajab ini. Puasa rajab merupakan puasa sunnah pada 10 hari pertama di bulan Rajab yang memiliki keutamaan pahala seperti menunaikan puasa sebulan penuh dan dijauhkan dari pintu neraka dan didekatkan dengan pintu surga.

4. Berdoa

Selain melakukan dzikir dan memperbanyak istighfar, memperbanyak doa merupakan hal yang dapat dilakukan. Berikut adalah doa Nabi Muhammad SAW di bulan rajab ini.

“Allohumma baarik lanaa fii rojaba wa sya’banaa wa ballighnaa romadhonaa”.

“Ya Allah berilah kami keberkahan di bulan Rojab dan Sya’ban dan sampaikan kami pada bulan Ramadhan.”

5. Doa Pagi dan Sore

Pada bulan rajab, memperbanyak doa pagi dan sore menjadi anjuran bagi setiap umat muslim. Doa pagi dapat dilakukan setelah menunaikan shalat subuh atau saat fajar dan doa sore dapat dilakukan saat senja menjelang waktu maghrib.

Demikian amalan sunnah Isra’ Miraj yang dianjurkan untuk memperbanyak pahala dan seluruh dosa dan kesalahan dapa diampuni oleh Allah SWT.

Baca juga: Mengenang Orang-orang Tersayang dengan Aplikasi My Heritage

Pos terkait

Tinggalkan Balasan