Alami Pendarahan Otak, Tukul Arwana Dilarikan Ke Rumah Sakit

  • Whatsapp
Tukul Arwana
Tukul Arwana alami pendarahan otak dan dilarikan ke rumah sakit. (Foto: detikfoto)

Pelawak Tukul Arwana dilarikan ke rumah sakit akibat mengalami pendarahan otak. Kabar tersebut dikonfirmasi oleh sang anak, Ega Prayudi. Ega mengatakan sang ayah sedang dalam penanganan dokter di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (23/9).

“Betul, beliau saat ini masih dalam perawatan dokter,” ujar Ega Prayudi seperti yang diberitakan Kompas.com.

Kendati demikian, ia belum dapat memberikan informasi detail mengenai kondisi kesehatan sang ayah, Tukul Arwana. Anak sulung Tukul ini hanya meminta orang-orang bisa mendoakan untuk kesembuhan sang ayah.

Kronologi Tukul Arwana Dilarikan Ke Rumah Sakit

Sebelum dilarikan ke rumah sakit, Jaka kerabat Tukul Arwana mengatakan sang komedian tersebut mengalami pusing pada Rabu (22/9) usai Magrib.

“Sebelum Magrib ya. Nggak tau itu tiba-tiba sebentar doang kelihatannya pusing ya udah dibawa ke dokter,” ujar Jaka di kediaman Tukul Arwana, mengutip Insertlive.

Selain itu, kondisi Tukul dalam keadaan sehat sejak pagi. Bahkan ia sempat menyuruh karyawannya untuk membelikan pasta gigi sebelum mandi.

“(Kondisi dari pagi) fit banget. Tadi sore sempet suruh saya beli pasta gigi sama sikat gigi abis itu dia mandi, saya tetap jaga di sini (di depan rumah) abis itu dia ke dalam dan nggak tau kan saya di luar,” beber Pak Medi, kerabat Tukul.

“(Kondisi lemas saat dibawa ke rumah sakit) setau saya begitu, terus dibawa,” lanjutnya.

Kerabat Tukul Arwana pun kaget mendengar sang komedian mendadak sakit hingga harus mendapatkan perawatan dari tim medis.

Pasalnya Tukul dikenal sebagai orang yang tidak memiliki riwayat penyakit apa pun.

“Nggak ada (riwayat penyakit) nggak pernah sakit dia kalau sakit juga pusing-pusing biasa. Ya bingung orang tadi sehat kok langsung dibawa (ke rumah sakit),” ungkap Jaka.

Atas hal tersebut, kerabat pun memohon doa agar kondisi Tukul Arwana dapat segera pulih kembali dan sembuh.

“Ya doa biar sehat nggak ada apa-apa lah, sehat semua,” pungkasnya.

Penyebab Pendarahan Otak

Hingga kini, penyebab pendarahan otak yang dialami komedian Tukul Arwana masih belum diketahui penyebabnya secara klinis dari dokter.

Namun menurut WebMD, terdapat banyak faktor yang dapat menjadi penyebab pendarahan otak, hingga beberapa faktor yang dapat memicunya.

Berikut beberapa penyebab umum terjadinya pendarahan otak.

1. Trauma Kepala

Cedera adalah penyebab paling umum dari pendarahan di otak bagi mereka yang berusia di bawah 50 tahun.

2. Tekanan darah tinggi

Kondisi kronis ini dalam jangka wkatu yang lama dapat melemahkan dinding pembuluh darah. Tekanan darah tinggi yang tidak diobati adalah penyebab utama pendarahan otak.

3. Aneurisma

Kondisi aneurisma adalah melemahnya dinding pembuluh darah yang membengkak. Pembengkakan tersebut bisa pecah dan menyebabkan pendarahan otak, sehingga dapat menyebabkan stroke.

4. Kelainan pembuluh darah

Kondisi ini disebut Arteriovenous malformations, yaitu kelemahan pembuluh darah di dalam dan di sekitar otak, yang mungkin muncul saat lahir dan didiagnosis hanya jika gejalanya berkembang.

5. Angiopati amiloid

Ini merupakan kelainan pada dinding pembuluh darah yang terkadang terjadi seiring bertambahnya usia dan tekanan darah tinggi. Kondisi ini dapat menyebabkan banyak pendarahan kecil yang tidak diketahui sebelum menyebabkan yang besar.

6. Tumor otak

7. Gangguan darah atau pendarahan

Hemofilia dan anemia sel sabit dapat menyebabkan penurunan kadar trombosit dan pembekuan darah. Pengencer darah juga merupakan faktor risiko.

8. Penyakit hati

Kondisi ini berhubungan dengan peningkatan pendarahan secara umum

Baca juga: Eben Burgerkill Tutup Usia, Pesan Terakhirnya Ingin Dimakamkan di Halaman Rumahnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan