3 Fakta Meta, Nama Baru Facebook Inc

  • Whatsapp
Facebook Inc
Mark Zuckerberg, CEO Facebook, saat memperkenalkan logo dan brand baru Facebook Inc 'Meta'. (Foto: engadget)

Mark Zuckerberg, CEO Facebook, mengumumkan bahwa perusahaan yang ia naungi akan dikenal sebagai Meta atau Meta Platform. Facebook Inc merupakan perusahaan induk yang menaungi Facebook, WhatsApp, Instagram dan sejumlah aplikasi lainnya.

Mengutip Kompas.com, Jumat (29/10), platform baru tersebut akan menyatukan aplikasi dan teknologi di bawah satu merk perusahaan baru.

“Hari ini kami terlihat sebagai perusahaan media sosial, tetapi dalam DNA kami, kami adalah perusahaan yang membangun teknologi untuk menghubungkan orang, dan metaverse adalah batas berikutnya seperti jejaring sosial ketika kami memulai,” ungkap Zuckerberg pada konferensi tahunan Connect, Kamis (28/10) waktu Amerika Serikat atau Jumat (29/10) WIB.

Fakta Meta, Nama Baru Facebook Inc

Berikut 3 fakta terkait Meta, nama baru Facebook menrangkum Kompas.com:

1. Arti nama Meta

Facebook Inc
“Meta” logo baru perusahaan induk Facebook (Foto: facebook.com)

Zuckerberg mengungkapkan, nama Meta dipilih karena memiliki arti dan filosofi tersendiri.

Kata “meta” berasal dari bahasa Yunani yang berarti “melampaui”. Meta juga menjadi prefiks atau awalan yang artinya “setelah” atau “sesudah”, berlaku atau berubah menjadi tingkat yang lebih tinggi.

Menurut Zuckerberg, nama tersebut menunjukkan bahwa masa depan dapat dibangun oleh siapapun, dan dapat melampaui hal-hal yang dimungkinkan oleh internet saat ini.

Hal-hal yang dimaksudkan adalah melampaui batasan layar gawai, batasan jarak, bahkan batasan antara dunia nyata dan maya, seprti yang digaungkan oleh Zuckerberg dalam konsep Metaverse.

“Meta adalah pengingat bahwa selalu ada lebih banyak hal untuk dibangun,” kata Zuckerberg.

2. Alasan berganti nama

Facebook Inc
(AP Photo/Tony Avelar)

Zuckerberg mengatakan, ada beberapa alasan yang mendorong pergantian nama Facebook Inc menjadi Meta.

Pertama, perusahaan ingin memiliki identitas brand baru yang sejalan dengan visi masa depan Facebook Inc, yaitu membangun meraverse.

Menurutnya, metaverse akan menjadi platform masa depan yang sekaligus memberikan pengalaman sosial bagi penggunanya.

Kedua, Zuckerberg ingin nama baru ini membuat Facebook Inc bisa lepas dari citranya sebagai perusahaan jejaring sosial.

Selama 17 tahun berdiri, Facebook Inc dikenal sebagai perusahaan jejaring sosial raksasa karena menaungi sejumlah media sosial paling populer di dunia seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, Messanger, dll.

Dengan menggunakan nama Facebook Inc, perusahaannya masih memiliki citra yang melekat sebagai perusahaan jejaring sosial saja. Padahal, Facebook Inc ingin menjadi lebih besar dari sekadar jejaring sosial semata, yakni sebagai perusahaan metaverse.

Facebook Inc
Makna logo Meta yang menggunakan teknologi Quest (AP Photo/Tony Avelar)

Meta mengusung simbol pita membentuk angka delapan, yang menyerupai lambang infinite (tidak terbatas) atau pita mobius. Logo tersebut dibubuhi dengan warna biru khas Facebook.

Melalui laman resminya, Facebook menjelaskan bahwa proses desain logo tersebut dilakukan tidak seperti pada desain merek tradisional. Logo tersebut digambar dari satu garis yang dibuat menggunakan teknologi Quest milik Facebook.

Logo Meta membentuk loop berkelanjutan yang bisa digunakan untuk desain 2D dan 3D.

Adapun simbol tersebut bisa menyerupai huruf M yang berarti “Meta” namun juga bisa diartikan sebagai tanda tak terhingga yang melambangkan cakrawala tak terbatas pada Metaverse.

Simbol Meta disebutkan dirancang untuk hidup secara dinamis di metaverse, di mana Anda dapat bergerak melaluinya dan di sekitarnya. Simbol membentuk tekstur, warna dan gerakan tanpa batas, serta menangkap kreativitas dan imajinasi dunia 3D.

Baca juga: Mark Zuckerberg Bakal Integrasikan WhatsApp dengan Facebook Messenger

Pos terkait

Tinggalkan Balasan