Buruan Daftar! Prakerja Gelombang 16 Hanya 300 Ribu Kuota

  • Whatsapp
Prakerja Gelombang 16

Pemerintah membuka pendaftaran kartu Prakerja Gelombang 16 pada Kamis (25/3) pukul 12.00 siang ini. kartu Prakerja gelombang 16 dibuka dengan kuota peserta hanya 300 ribu. Kuota ini tentu setengah dari kuota prakerja gelombang 12-15.

Head of Communication Manajemen Pelaksana Prakerja LouisaTuhatu mengatakan prakerja gelombang 16 akan merekrut 300.000 peserta. Ini lebih kecil dari jumlah perekrutan Prakerja gelombang 12 hingga gelombang 15.

Bacaan Lainnya

 

“(Prakerja) gelombang 16 akan dibuka siang ini jam 12.00 WIB dengan kuota 300.000 [peserta]. Dengan demikian genaplah target kami untuk merekrut 2,7 juta di semester pertama tahun 2021,” ujar Louisa Tuhatu, Kamis (25/3/2021).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan kuota kartu Prakerja semester I-2021 sebanyak 2,7 juta orang dengan anggaran Rp 10 triliun.

Lantas apakah ini menjadi gelombang pendaftaran prakerja terakhir untuk semester I-2021? Louisa Tuhatu mengatakan masih memantau kemajuan penerima Prakerja dalam membeli paket pelatihan pertama.

“Kami masih memantau kemajuan para penerima Kartu Prakerja dalam membeli pelatihan pertama. Menurut Permenko, mereka harus sudah membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja. Bila tidak maka kepesertaannya akan dicabut. Nanti kami mungkin akan membuka gelombang tambahan untuk menampung ini,” terangnya.

 Syarat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 16

1. Pastikan Anda memiliki akun terlebih dahulu. Kamu bisa membuat akun melalui laman www.prakerja.go.id.

Apabila peserta sudah berhasil mendaftar akun dan bisa login ke akun, kemudian peserta akan masuk ke dashboard akun. Untuk bagian verifikasi KTP, peserta harus mengisi NIK, nomor KK dan tanggal lahir terlebih dahulu. Lalu, klik tombol berikutnya.

2. Setelah lolos verifikasi NIK, peserta diminta untuk melengkapi data diri dan mengunggah foto KTP. Selanjutnya, peserta diminta untuk melakukan verifikasi nomor handphone. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke nomor handphone kamu. Lalu, klik verifikasi.

3. Peserta diminta untuk mengisi sejumlah pernyataan.

4. Calon peserta akan mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kompetensi dan potensi yang dimiliki calon peserta. Setelah mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi oleh pihak PMO. Pilih gelombang yang kamu inginkan disesuaikan dengan domisili kamu, lalu klik gabung.

Setelah mengisi gelombang, akan muncul persetujuan Kartu Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Peserta harus klik kolom saya menyetujui untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya.

5. Peserta yang lolos bisa memilih jenis pelatihan melalui platform digital mitra kartu prakerja. Saat ini, pemerintah menggandeng 7 mitra platform digital seperti Tokopedia, Kementerian Ketenagakerjaan, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, dan Pijar.

6. Usai merampungkan pelatihan, setiap peserta akan diberikan sertifikat elektronik.

7. Peserta akan menerima insentif pasca penuntasan pelatihan sebesar Rp600 ribu per bulan selama empat bulan. Insentif itu diberikan secara non tunai melalui rekening bank atau dompet elektronik pilihan peserta. Khusus untuk dompet digital, pemerintah telah bekerja sama dengan Gopay, LinkAja, OVO, dan Dana.

 

Perlu diketahui, setiap peserta Prakerja diberikan saldo sebesar Rp 1 juta untuk membeli paket pelatihan. Setelah pelatihan selesai dan mendaftarkan sertifikat maka peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp 2,4 juta. Insentif ini diberikan masing-masing Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan.

Selanjutnya peserta akan mendapatkan insentif masing-masing Rp 50 ribu untuk tiga kali keterlibatannya dalam survei Prakerja. Total manfaat yang didapatkan peserta Prakerja Rp 3,55 juta.

Baca juga: 2 Fitur WhatsApp Terbaru, Telepon dan Video Call untuk Desktop

Pos terkait

Tinggalkan Balasan