Cek Bansos Maret-April 2021di dtks.kemensos.go.id

  • Whatsapp
Cek Bansos Maret-April 2021di dtks.kemensos.go.id

Apakah Anda termasuk penerima bansos periode Maret-April 2021 dari pemerintah? silahkan cek nama Anda di dtks.kemensos.go.id

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan bantuan-bantuan sosial Maret 2021 ditargetkan cair pada minggu keempat di bulan Maret yang juga akan berbarengan dengan pencairan bantuan sosial untuk bulan April mendatang.

“Harapan kami untuk bulan Maret ini kami bisa realisasikan di minggu keempat di bulan Maret. Demikian pula target untuk bulan April kami akan serahkan pada bulan Maret juga sehingga masyarakat bisa melakukan pembelanjaan sesegera mungkin,” kata Risma, seperti dikutip dari Lama Presidenri.go.id, dikutip Rabu (31/3/2021).

Tahap penyaluran BPNT pada Maret 2021:

22 Maret 2021 sebanyak 4.502.451 KPM

25 Maret 2021 sebanyak 5.993.734 KPM

29 Maret 2021 sebanyak 4 juta KPM

30 Maret 2021 sebanyak 3 juta KPM

Percepatan pembayaran bantuan sosial bisa dilakukan Kemensos dengan bantuan Kemendagri, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota. Menurut Asep, instansi tersebut telah memperbaiki data penerima bansos.

Perbaikan data dapat mempercepat proses pemadanan NIK penerima bantuan. Sepanjang Maret 2021 tercatat 11.746.119 data dari 509 Kabupaten/Kota yang telah diperbaiki dan dipadankan.

Cara cek data penerima bansos di dtks.kemensos.go.id

Untuk melakukan pengecekan data di dtks.kemensos.go.id masyarakat bisa melihat di bagian atas layar terdapat tulisan Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial, termasuk BST, BPNT dan PKH. Di bawah ada kolom nomor identitas dan Nama.

Isi kolom nomor identitas dan nama yang sesuai dengan KTP. Pada nomor identitas, masyarakat bisa memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), ID DTKS atau BDT, serta nomor identitas PBI JK atau KIS.

Setelah itu masukan nama masyarakat. Jangan lupa masukkan empat kode campuran huruf dan angka. Klik cari dan hasilnya akan menunjukkan seseorang sudah masuk dalam daftar atau belum.

Pada tombol petunjuk dituliskan, jika sistem akan mencocokkan ID dan Nama yang diinput. Lalu informasi itu akan dibandingkan dengan yang berada di databasenya.

Untuk mengetahui masyarakat sebagai penerima bantuan bulan ini kembali buka laman dtks.kemensos.go.id dan masukan ID yang diinginkan. Setelah itu ketik nomor dan nama sesuai ID yang dipilih.

Masukan kode yang terdapat di sana. Lalu klik Cari.

 

Baca juga: Hari Film Nasional 2021 Dirayakan Secara Daring

Pos terkait

Tinggalkan Balasan