Hasil Sidang Isbat: 1 Syawal Bertepatan pada 13 Mei

  • Whatsapp
Hasil Sidang Isbat: 1 Syawal Bertepatan pada 13 Mei

Hasil sidang isbat yang digelar Kementrian Agama (Kemenag), Selasa (11/5/2021), untuk menentukan Hari Raya Idhul Fitri 1442 Hijriah sudah keluar. Dalam sidang tersebut diputuskan Lebaran tahun ini, 1 Syawal bertepatan pada 13 Mei 2021.

Sidang isbat yang digelar di Kantor Kemenag Jakarta itu ditayangkan langsung oleh TVRI selaku official broadcaster dan akun media sosial Kemenag (Instagram dan Youtube). Sidang yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan itu dipimpin langsung oleh Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam menentukan hilal, Kemenag menggunakan dua metode, yakni hisab dan rukyat yang sudah dipakai sejak tahun-tahun sebelumnya. Kedua metode ini bukan untuk saling dibenturkan jika hasilnya berlainan, melainkan untuk saling melengkapi satu sama lain.

“Pemantauan hilal dilakukan perwakilan di 88 titik yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Mereka tidak ada yang melaporkan adanya hilal. Karenanya, pelaksanaan puasa Ramadhan 1442 Hijriah ini harus digenapkan menjadi 30 hari. Maka dari itu, 1 Syawal kami tetapkan pada hari Kamis (13/5/2021),” kata Yaqut.

Tata Cara Penentuan 1 Syawal Bertepatan pada 13 Mei

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Agus Salim menambahkan, terdapat tata cara pelaksanaan sidang isbat penentuan 1 Syawal ini. Proses yang dijalani tak jauh berbeda dengan pelaksanaan sidang isbat untuk menentukan 1 Ramadhan lalu.

Sidang ini dibuka dengan pemaparan posisi hilal awal Syawal 1442H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag, Cecep Nurwendaya pada pukul 16.45 WIB. Selepas Maghrib, sidang Isbat yang dipimpin langsung Menteri Agama baru digelar, dengan agenda mendengarkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal.

1 Syawal 1442 Hijriah Dirayakan Bersamaan

Sebelum pemerintah mengumumkan hasil sidang isbat ini, PP Muhammadiyah sudah lebih dahulu menetapkan Hari Raya Idhul Fitri 1442 Hijriah jatuh pada Kamis (13/5/2021). Dengan penetapan 1 Syawal oleh Yaqut selaku Menteri Agama di hari yang sama, artinya hari kemenangan umat Islam bisa dirayakan bersama-sama antara Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU).

Dalam catatan sejarahnya, sudah satu dekade ini kedua ormas Islam terbesar di Indonesia itu merayakan Lebaran bersama-sama. Harapannya, perayaan Idhul Fitri kali ini bisa menjadi simbol kebersamaan umat Islam dalam merayakan hari kemenangan.

Menariknya lagi, umat Nasrani pun bakal merayakan hari raya-nya di tanggal yang sama (13/5/2021) besok. Mereka bakal merayakan Hari Kenaikan Yesus Kristus bertepatan dengan Hari Raya Idhul Fitri 1442 Hijriah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan