Kronologi dari Masuk Rumah Sakit Hingga Sapri Meninggal

  • Whatsapp
Kronologi dari Masuk Rumah Sakit Hingga Sapri Meninggal

Kabar duka datang dari dunia hiburan tanah air, khususnya panggung komedi. Komedian yang biasa tampil di acara Perbukers ANTV, Sapri meninggal dunia, Senin (10/5/2021) petang karena sakit. Seperti apa kronologinya dari sejak masuk rumah sakit hingga Sapri meninggal?

Komedian yang akrab disapa Sapri Pantun itu memejamkan mata untuk selama-lamanya setelah sempat dirawat secara intensif di ICU. Diabetes atau gula darahnya yang tinggi memaksanya berhenti syuting acara Ramadhan untuk sementara waktu.

Sapri Meninggal Setelah Dirawat Intensif

Pelawak yang juga akrab disapa Bang Sapri itu sempat dirawat di Rumah Sakit selama hampir satu pekan. Sapri mulai masuk rumah sakit di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, pada Selasa (4/5/2021).

Manager Sapri, Bunda Neneng mengungkapkan, kondisi sang komedian plontos itu menurun setelah kadar gula dalam tubuhnya meninggi.

“Gulanya lagi tinggi, masuk ICU karena gulanya,” kata Bunda Neneng, seperti dikutip Suara.com.

Sapri Sempat Melewati Masa Kritis

Kondisinya yang butuh penanganan yang lebih intensif membuat dokter merujuk Sapri ke Rumah Sakit Sari Asih Ciledug, Tangerang. Setelah dirawat beberapa hari, kondisinya sempat membaik dan melewati masa kritis karena gula darahnya mulai stabil.

Meski demikian, Sapri masih harus dirawat inap di ruang ICU. Adik Sapri, Ilyas, menerangkan setelah dirawat dua hari, kondisi kakaknya agak mendingan, dan mulai bisa diajak berkomunikasi dengan baik.

“Setelah itu perkembangannya luar biasa dan sudah normal. Sudah (bisa melakukan komunikasi), sudah seperti biasa,” kata Ilyas.

Ternyata Mengidap Penyakit Ginjal dan Penyumbatan Darah

Beberapa hari sebelum Sapri meninggal, kondisinya kembali menurun. Selain penyakit gula, ternyata dokter menyebut pria yang meninggal di usia 49 tahun itu mengidap penyakit ginjal dan penyumbatan darah.

Kata dokter, gula darah Sapri terakhir mencapai 1.143, yang membuat dua kakinya mengalami penyumbatan darah. Kulitnya tampak menghitam di bagian bawah hingga telapak kaki.

“Karena ada gula darah, maka ada penyumbatan di kaki. Jadi di kaki di sini (bagian bawah) udah memar. Kalau tidak ada penindakan, dia busuk dan pahit-pahitnya harus amputasi. Kena ginjal juga dan harus cuci darah,” kata Dolly adik Sapri di tayangan Sore-Sore Ambyar Trans TV, Minggu (9/5).

Sapri Tak Sadarkan Diri Usai Operasi

Dolly juga memaparkan, kondisi Sapri kian memburuk pada Senin (10/5/2021) pagi. Bahkan, komedian yang terkenal dengan pantun masak aer-nya itu tak sadarkan diri.

“Jadi, keadaan sebelumnya ada respons saat dipanggil tetapi sekarang enggak sadarkan diri dan lebih drop. Sudah mulai stabil (kadar gula darahnya) cuman yaitu karena pembuluh darahnya awalnya tinggi jadi menyerang bagian yang lain seperti ginjal, jantung, jadi dokter tetap mengupayakan yang terbaik,” ujar dia.

Menurut Dolly, sebelum kondisinya turun, Sapri baru saja menjalani operasi pembuluh darah dengan hasil baik. Namun, kondisinya kembali kritis hingga dinyatakan meninggal dunia setelah adzan maghrib.

Baca juga: Keluar dari Jeruji Besi, Mark Sungkar Jadi Tahanan Kota

Pos terkait

Tinggalkan Balasan