Iron Dome Dihancurkan Oleh Hamas Palestina

  • Whatsapp
Iron Dome membendung tembakan roket Hamas (AFP/MOHAMMED ABED)
Iron Dome membendung tembakan roket Hamas (AFP/MOHAMMED ABED)

Ratusan roket dihujamkan ke wilayah Israel oleh militan Palestina, Hamas, sebagai bentuk serangan balasan atas gempuran udara sebelumnya. Serangan tersebut bahkan membuat Israel kewalahan, dan berhasil membuat Iron Dome dihancurkan.

Untuk diketahui, Iron Dome merupakan sistem pertahanan udara milik Israel. Pusat pertahanan udara ini dikembangkan oleh perusahaan Israel, Rafael Advanced Defense Systems dan Israel Aerospace Industries, yang disokong finansial dan teknisnya oleh Amerika Serikat.

Dilansir dari AFP dan The Washington Post, sirine serangan udara terdengar di seluruh Tel Aviv, ibu kota Israel, Rabu (12/5/2021). Sirine itu berbunyi lantaran adanya serangan udara ratusan roket dari Hamas. Juru bicara Israel, Jonathan Conricus menyebut, lebih dari 90 persen roket yang diluncurkan Hamas mamu dihadang oleh Iron Dome.

“Itu menakutkan. Terdengar beberapa tembakan keras, atau ledakan, di atas kepala kami,” kata Haim Roy Ben Shlomo, 38, warga Ramat Gan, Tel Aviv.

10 Persen Roket Hamas Membuat Iron Dome Dihancurkan

Militer Israel mengklaim bahwa 90 persen roket yang mencapai wilayah udara mereka berhasil dihancurkan oleh Iron Dome. Namun, 10 persen dari total roket yang berjumlah sekitar 500 yang ditembakkan dari Gaza itu mampu menembus Iron Dome.

Dilaporkan, sebuah pipa milik perusahaan energi Israel pun terkena serangan udara Hamas tersebut lantaran Iron Dome gagal mencegat. Dari video yang disiarkan oleh Channel 12 tampak kobaran api yang membumbung dari tempat yang tampak seperti tong bahan bakar besar di dekat kota Ashkelon di Mediterania Israel, sebelah selatan Tel Aviv.

Selain itu, laporan Juru bicara polisi Israel, Mickey Rosenfeld menyebutkan, sebuah bus kosong di Holon, selatan Tel Aviv, juga turut menjadi korban serangan udara Hamas. Sebuah roket pun jatuh di Rishon Letzion di kawasan Israel tengah.

Dua perempuan Israel juga dilaporkan tewas karena roket militan Hamas itu. Pusat medis Barzilai mengkonfirmasi sedang merawat 70 orang yang terluka karena serangan tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan