Takbiran Idul Fitri 2021, Takbiran Keliling Dilarang

  • Whatsapp
Takbiran Idul Fitri 2021, Takbiran Keliling Dilarang

Takbiran Idul Fitri 2021 sudah bisa dilakukan H-1 jelang Lebaran yang jatuh pada Kamis (13/5/2021) sesuai dengan hasil sidang isbat Kementrian Agama. Namun, pemerintah dengan tegas melarang digelarnya takbiran keliling.

Biasanya, takbiran keliling dilakukan masyarakat menggunakan kendaraan bak terbuka seperti truk dan pick up. Tak lupa, mereka membawa sound system dan pengeras suara untuk mengumandangkan kalimat takbir di malam jelang hari kemenangan.

Pemerintah, melalui Kementian Agama telah mengeluarkan panduan malam takbiran dan sholat Idhul Fitri di tengah pandemi covid-19. Di dalamnya terdapat poin penting yang menyebutkan takbiran keliling dilarang dilakukan masyarakat.

Malam takbiran menyambut Lebaran dalam rangka mengagungkan asma Allah akan mulai digelar pada Rabu (12/5/2021). Biasanya, mulai sorena hari sudah banyak kaum Muslim yang mengumandangkan kalimat takbir.

Inilah Panduan Malam Takbiran Idul Fitri 2021

1. Takbiran dilaksanakan secara terbatas, maksimal 10 persen dari kapasitas masjid dan musalla dengan standar protokol kesehatan covid-19. Peserta takbiran wajib mematuhi prokes dengan ketat, utamanya menggunakan masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

2. Kegiatan takbir keliling yang biasa dilakukan kini ditiadakan. Langkah ini diambil demi mengantisipasi potensi terciptanya keramaian.

3. Kegiatan Takbiran dapat memanfaatkan teknologi media sosial. Kegiatan tersebut dapat disiarkan secara virtual dari masjid dan musalla sesuai ketersediaan perangkat telekomunikasi yang dimiliki. Hal ini dilakukan agar kegiatan takbir tetap bisa diikuti dari rumah masing-masing.

Berikut Bacaan Takbiran Idul Fitri Lengkap dengan Latin dan Artinya

a. Lafadz takbir ‘Ied seperti disandarkan kepada Ibn Mas’ud, ‘Umar ibn al-Khattab dan ‘Ali ibn Abi Thalib, di antaranya adalah sebagai berikut:

اَللهُ أًكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ اْلحَمْدُ.

“Allahu akbar allahu akbar, la ilaha illallah wallahu akbar alllahu akbar walillahil hamd.”

Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Tiada Tuhan melainkan Allah dan Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan bagi Allah-lah segala puji.”

Pos terkait

Tinggalkan Balasan