Elon Musk ‘Ngetwit’, Investor Bitcoin Panik

  • Whatsapp
Elon Musk Tesla
Cuitan Twitter @elonmusk

Di kalangan investor dan trader pemilik aset kripto seperti Bitcoin, cuitan Elon Musk di Twitter dapat menjadi angin segar sekaligus angin panas.  Seperti pada Rabu (19/5/2021) harga Bitcoin dan hampir seluruh mata uang digital (cryptocurrency) turun tajam dan membuat portofolio ‘merah’.

Cuitan Elon Musk di Twitter

Turunnya harga mata uang digital seperti Bitcoin, Ethereum, Dogecoin, serta  ratusan koin digital lainnya ditengarai Elon Musk sang pemilik Tesla ngetweet. Twit tersebut menyatakan bahwa Tesla tidak akan menggunakan Bitcoin lagi sebagai alat pembayaran dalam penjualan kendaraan Tesla.

Bacaan Lainnya

Para pendukung Bitcoin secara terang-terangan mengalami kesulitan karena twit Elon Musk. Minggu lalu ia sempat menuliskan bahwa Tesla tidak akan menerima pembayaran dalam Bitcoin. Hal ini memicu penurunan 17% pada cryptocurrency yang paling populer di dunia.

Cuitan tersebut didasari lantaran Elon Musk menilai penambangan Bitcoin masih menggunakan bahan bakar fosil, terutama batu bara. Sementara Tesla sendiri dikenal sebagai perusahaan kendaraan elektrik ‘electric car, zero fuel oil’ yang menggunakan bahan bakar utama dengan energi baru dan terbarukan (EBT).

Berikut cuitan Elon Musk di Twitter

Tesla has suspended vehicle purchases using Bitcoin we are concerned about the rapidly increasing use of fossil fuels for Bitcoin mining and transactions, especially coal, which has the worst emissions of any fuel.

Cryptocurrency is a good idea on many levels and we believe it has a promising future, but this cannot come at great cost to the environment

Tesla will not be selling any bitcoin and we intend to use it for transactions as soon as mining transitions to more sustainable energy we are also looking at other cryptocurrencies that use <1% of Bitcoin’s energy/transaction,”

“Tesla telah menangguhkan pembelian kendaraan menggunakan Bitcoin. Kami prihatin dengan peningkatan pesat penggunaan bahan bakar fosil untuk penambangan dan transaksi Bitcoin, terutama batu bara, yang memiliki emisi terburuk dari bahan bakar apapun.

Mata uang kripto merupakan ide yang bagus di banyak tingkatan dan kami percaya ini memiliki masa depan yang menjanjikan, tetapi hal ini dapat merugikan lingkungan.

Tesla tidak akan menjual Bitcoin apapun dan kami bermaksud menggunakannya untuk transaksi segera setelah penambangan beralih ke energi yang lebih berkelanjutan. Kami juga melihat mata uang digital lain yang menggunakan <1 persen dari energi/transaksi Bitcoin.”

Harga Bitcoin diperdagangkan di bawah US$45.000 pada Senin (17/5/2021) setelah cuitan Elon Musk yang seorang pendukung cryptocurrency, menyarankan Tesla untuk mempertimbangkan untuk menjual kepemilikan Bitcoin-nya.

Melansir dari Live Mint, Musk sempat menanggapi cuitan akun Twitter yang bernama @CyptoWhale, ia mengatakan, “Bitcoiners akan menampar diri mereka sendiri pada kuartal berikutnya ketika mereka mengetahui Tesla membuang sisa kepemilikan #Bitcoin mereka. Dengan jumlah kebencian yang diperoleh @elonmusk, Saya tidak akan menyalahkan dia…”.

Sang CEO Tesla menjawab dengan sangat singkat “memang” tanpa merinci apakah Tesla telah menjual kepemilikan Bitcoin-nya atau bahwa dia setuju dengan sentimen bahwa dia menghadapi kritik.

Baca juga: Elon Musk Hentikan Pembelian Tesla dengan Bitcoin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan