Ultah ARMY ‘BTS’ Ke-8, Bagaimana Sejarahnya?

  • Whatsapp
ARMY

Bagi kalangan penggemar idol Korea, nama ARMY tentu sudah tidak asing lagi. Fanclub penggemar BTS itu merayakan hari jadinya yang ke-8 tahun hari ini.

Pada 9 Juli 2013, idol K-Pop di bawah asuhan Big Hit itu mengumumkan nama fanclub mereka yaitu ‘ARMY. Penetapan tersebut ditetapkan melalui fancafe dan arti spesial di baliknya.

Bacaan Lainnya

Para ARMY pun berbondong-bondong menghujani media sosial dengan tagar #HBD_TO_ARMY dan #HappyBirthdayToARMY sebagai perayaan hari jadinya di jagad Twitter. Tagar #8YearsToInfinityWithBTS pun tidak ketinggalan untuk mengenang kebersamaan mereka dengan BTS.

Nama ARMY diumumkan pertama kali sebulan setelah BTS debut dengan album ‘2 COOL 4 SKOOL’ dan merilis video klip ‘No More Dream’ pada 12 Juni 2013.

Arti nama ARMY

Penasaran bukan dengan arti nama ARMY? Penggemar BTS disebut dengan nama A.R.M.Y yang merupakan singkatan dari Adorable Representative M.C for Youth. Nama ARMY yang dalam bahasa Inggris diartikan ‘militer’ itu pun memiliki keterikatan kuat dengan nama BTS.

BTS sendiri merupakan singkatan dari “Bangtan Sonyeondan” yang diambil dari kata “bang-tan” yang berarti “anti peluru” dan “sonyeon-dan” yang berarti “Sekelompok laki-laki”.

Nama tersebut tentu mewakili konsep BTS untuk melawan stereotype dan kritik yang diibaratkan sebagai peluru.

Dalam bahasa Inggris, Bangtan Sonyeondan diartikan sebagai Bulletproof Boy Scouts. Pelindung tubuh dan militer selalu bersama, hingga ketujuh personelnmya akan selalu bersama dengan para ARMY.

Sejarah nama ARMY

Untuk merayakan hari jadi fansclub-nya, BTS memiliki acara spesial yaitu FESTA. Perayaan tahunan FESTA yang berlangsung selama 10-14 hari itu menghadirkan berbagai konten seperti lagu khusus, program radio maupun video terbaru BTS.

Dalam perayaan FESTA 2021 ini, BTS merilis video ‘ARMY Corner Store’ melalui channel YouTube BANGTAN TV. Pada kesempatan tersebut, personel BTS mengungkap kandidat nama fanclub sebelum ARMY tercetus.

Salah satu personelnya, Jimin, mengungkap nama “Cherry” sempat tercetus sebagai nama fanclub BTS. Kemudian sang leader, RM BTS mengungkap ada dua kandidat nama fanclub yang terpilih saat final, yaitu ARMY dan “Bell”.

Anggota lainnya, Jin BTS berkomentar bahwa nama ARMY sangat sempurna karena bersifat universal. Suga juga menambahkan bahwa nama tersebut mirip pelafalan “ami” yang berarti teman dalam bahasa Prancis.

V BTS lalu mengungkap alasannya menyukai nama ARMY. “Dua huruf yang berada di tengah ARMY adalah RM, mereka sangat terhubung,” ungkap V BTS sambil melirik ke arah RM BTS.

Sumber: Wolipop

Baca juga: Butter jadi Lagu Pembuka Laga Final Euro 2020, Ini Liriknya

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan