Ini Urutan Menonton 6 Film Transformers, Bumblebee Hingga The Last Knight

  • Whatsapp
Transformers

Transformers merupakan film bergenre Sci-Fi atau fiksi ilmiah Amerika yang diangkat dari kisah Transformers tahun 1984.

Sejak tahun 2007, seri Transformers telah berhasil mengeluarkan enam film termasuk fitur spin-off untuk karakter Bumblebee.

Jika Anda menonton keenam filmnya secara acak, tentu akan sedikit membingungkan. Pasalnya dari keenam film tersebut memiliki hubungan kronologi yang runtut.

Alih-alih menonton sesuai urutannya, justru akan membingungkan. Berbeda dengan trilogi film Lord of The Ring (LOTR) yang mudah diurutkan yaitu dengan menyaksikannya secara berurutan dari seri 1 sampai 3.

Mengutip Tirto, keadiran Bumblebee 2018 dan beberapa film selanjutnya, membuat timeline Transformers menjadi sedikit ambigu.

Dengan melihat seluruh judul yang berhubungan, berikut urutan film Transformers berdasarkan kronologi, bukan tanggal rilis:

1. Bumblebee (2018)

Transformers

Film ini merupakan prekuel dari Transformers. Latarnya mengambil waktu 20 tahun sebelum film pertama, yaitu latar waktu  di tahun 1987. IMDb memberikan rating 6,8 dari 10 untuk Bumblebee.

Dikisahkan Bumblebee menemukan tempat barang rongsokan di kota pantai kecil di Califronia. Dia dalam pelarian pada tahun 1987.

Akhirnya Bumblebee ditemukan Charlie Watson dalam keadaan hancur setelah pertempuran.

2. Transformers (2007)

Film ini mulai mengatur timeline yang agak sedikit terganggu oleh film Bumblebee. Transformers 2007 menulis ulangs ejarah tentang berapa lama Autobots telah ada di bumi.

Film pertama ini dibintangi oleh Shia LaBeouf dan Megan Fox. Di dalamnya mengisahkan pertarungan klasik antara ras Cybertonian, yaitu Autobots dan Decepticon.

Deceptions yang jahat datang ke bumi untuk mencari pertunjukan kekuatan tertinggi yang dipegang seorang pemuda. IMDb memberikan rating 7,0 dari 10.

3. Transformers: Revenge of the Fallen (2009)

Pada film ini mulai membangun mitologi yang berasal dari masa 17.000 sebelum amsehi. Kejadiannya sekitar dua tahun usai kejadian di film sebelumnya. Kisahnya masih seputar sosok Sam Witwicky (Shia LaBeouf) yang mendapat pecahan benda bernama AllSpark.

Kemudian, Decepticon yang berada dalam grup The Fallen berusaha membalas dendam di bumi dengan menemukan dan mengaktifkan mesin penyedia sebagai sumber energi mereka.

Decepticon juga berusaha mengancurkan matahari dan seluruh kehidupan di bumi.

Film ini menjadi film terakhir Megan Fox pada seri ini. Setelah itu, ia digantikan Rosie Huntington Whiteley sebagai pacar Sam. IMDb memberikan rating 6,10 dari 10 untuk film ini.

4. Transformers: Dark of the Moon (2011)

Transformers

Dalam film ini, ceritanya terus mengikuti Autobots dan Decepticon di hari-hari terakhir perang.

Autobots mendapatkan kemenangannya denganberjuang mendapatkan teknologi kuat dari sunia asal mereka. Teknologi itu jatuh di bulan.

Seri ini masih dibintangi Shia LaBeouf. Pemeran lainnya adalah Rosie Huntington Whiteley dan Tyrese Gibson. IMDb memberikan rating 6,2 dari 10 untuk film ini.

5. Transformers: Age of Extinction (2014)

Seri ini menceritakan masa 65 juta tahun lalu tentang keberadaan ras bernama Creator.

Creator memiliki perangkat Seeds untuk menutupi Bumi dengan sebuah paduan, yang suatu hari disebut Transformium. Dalam prosesnya, alat ini memusnahkan dinosaurus.

Film ini menampilkan pemeran yang benar-benar baru. Di antara bintangnya adalah Mark Wahlberg, Stanley Tucci dan Kelsey Grammer. Film ini mendapat rating 5,6 dari 10 di IMDb.

6. Transformers: The Last Knight (2017)

Transformers

Dalam film ini dipatok ke dalam mitologi yang menampilkan keturunan Merlin dan Raja Arthur. Pada akhirnya, Autobot meninggalkan Bumi dan membangun yang tersisa dari Cybertron.

Optimus Prime juga bertemu dengan penciptanya di luar angkasa. Film berdurasi 2 jam 34 menit ini mendapatkan rating 5,2 dari 10 di IMDb.

Baca juga: Film Abad 28, Valerian and The City of A Thousand Planets

Pos terkait

Tinggalkan Balasan