Ini 4 Fakta STAYC, Raih ‘Best Rookie’ Grup K-Pop di Billboard

  • Whatsapp
STAYC

STAYC girl gurp asal Korea Selatan baru saja comeback dengan merilis mini album pertamanya ‘STEREOTYPE’ pada Senin (6/9). Terdapat empat lagu yang STAYC persembahkan dalam mini album ini termasuk single utama Stereotype, I’ll Be There, Slow Down dan Complex.

STAYC memulai debut dengan lagu ‘SO Bad’ pada November 2020. Grup K-Pop jebolan High Up Entertainment ini semakin banyak dikenal karena lagunya yang berjudul ‘ASAP’ viral di TikTok.

Girl grup ini beranggotakan enam personel Sumin, Sieun, Isa, Seeun, Yoon dan J. Meskipun belum genap setahun debut, para personel STAYC banjir tawaran iklan dari sejumlah band kecantikan Korea.

Berikut 4 Fakta STAYC yang Dinobatkan sebagai Best Rookie oleh Billboard Korea, dirangkum dari Wolipop:

1. Personel STAYC Terkenal sebagai Aktris

STAYC
Sieun saat membintangi drama Korea ‘Mystic Pop-Up Bar’ (Foto: JTBC)

Salah satu personel STAYC telah meraih popularitas sebelum debut. Sieun, dikenal sebagai putri dari penyanyi veteran Korea, Park Nam Jung.

Bakat menyanyi Sieun diwariskan oleh sang ayah. Cokalis utama grup STAYC ini pun telah membintangi beberapa drama Korea.

Sieun dikenal dengan perannya dalam drama Korea Mystic Pop-Up Bar, Signal, Thirty But Seventeen dan Do You Like Brahms. Ia berhasil menyabet piala penghargaan ‘Youth Acting Awards” dari ajang SBS Drama Awards 2018 untuk perannya dalam drama Korea Still 17.

2. Awal Mula STAYC Terbentuk

STAYC merupakan singkatan dari ‘Star To A Young Culture’. Sebelum debut, STAYC dikenal dengan nama ‘High Up Girls’ sesuai dengan nama agensi mereka High Up Entertainment.

Pada September 2020, duo produser musik Black Eyed Pilseung, dari High Up Entertainment, mengumumkan Sieun sebagai personel STAYC.

Single album ‘Star to A Young Culuture’ pun digarap oleh duo yang dibentuk Song Joo Young dan Choi Kyu Sung itu. Keduanya dikenal sebagai produser yang menggarap lagu hits girl group Korea seperti ‘TT’ yang dipopulerkan TWICE dan ‘Touch My Body’ yang dibawakan SISTAR.

Sebelum debut, mereka melakukan promosi melalui kanal YouTube 1theK. Para personel melakukan cover dance lagu BLACKPINK, BTS dan Stray Kids.

3. STAYC Dinobatkan Sebagai Best Rookie

Video klip ‘SO BAD’ yang mendanai debut mereka, mendapat lebih dari 2,6 juta views dalam waktu 24 jam. Single album ‘Star To A Young Culture’ pun terjual sebanyak lebih dari 10 ribu eksemplar di hari pertama.

STAYC sukses mencetak rekor penjualan album sebagai girl group yang debut pada 2020. Grup K-Pop dengan fandom bernama SWITH itu juga memenangkan penghargaan ‘Best Female Rookie Award’ dari Brand Customer Loyalty Award tahun ini.

Atas pencapaiannya, STAYC dinobatkan sebagai ‘Best Rookie’ oleh Billboard Korea. Mereka pun termasuk dalam daftar ‘Korea Power Celebruty 40’ yang dirilis Forbes Korea.

4. STAYC Banjir Tawaran Iklan Setelah Debut

STAYC
J sebagai model brand perawatan kosmetik (Foto: Dr. Belmeur)

Lima bulan setelah debut, STAYC telah menjadi endorser LG Household & Health Care. Sejak itu, maisng-masing personelnya diumumkan sebagai model brand kecantikan Korea yang berbeda.

J STAYC menjadi model brand perawatan kosmetik dan kulit, The Faceshop. Isa, Yoon dan Sumin menjadi model brand makeup Code Glokodor.

Baca juga: Comeback Red Velvet 2021, Usung Konsep Berbeda Untuk Album “Queendom”

Pos terkait

Tinggalkan Balasan