Chelsea Juara Liga Champions, Nama Edouard Mendy Makin Bersinar

  • Whatsapp
Edouard Mendy
Kiper Chelsea Edouard Mendy (Foto Twitter/OptaJoe)

Tim sepak bola Inggris, Chelsea patut berbangga atas kemenangannya di Liga Champions setelah menumbangkan Manchester City. Keberhasilan ini tidak lepas dari penampilan solid kiper utama mereka, Edouard Mendy.

Chelsea berhak mengangkat piala Liga Champions itu setelah membuat Manchester City bertekuk lutut dengan skor 1-0 pada laga final yang digelar di Estadio Do Dragao, Minggu (30/5/2021) dini hari WIB.

Bacaan Lainnya

Kemenangan Chelsea atas Man City dicetak oleh bintang muda asal Jerman, Kai Havertz pada menit ke-43 melalui gol cantiknya.

Selain gol yang dicetak oleh Havertz, kemenangan Chelsea juga disumbang oleh permainan penjaga gawangnya, Edouard Mendy.

Gol yang Havertz berikan berawal dari umpan jarak jauh terukur dari Edouard Mendy ke Ben Chilwell yang berdiri di sisi kanan pertahanan Man City. Bola lalu berpindah ke Mason Mount hingga ke kaki Kai Havertz dan terciptalah gol untuk Chelsea.

Kiper jangkung berusia 29 tahun itu melakukan satu penyelamatan penting dan 18 umpan akuran sepanjang pertandingan.

Rekor Clean Sheet Edouard Mendy

Penjaga gawang The Blues itu menyamai rekor clean sheet Liga Champions. Clean sheet Mendy melawan City adalah yang kesembilan kali dia capai di Liga Champions musim ini.

Dalam sepanjang sejarah Liga Champions, hanya ada dua penjaga gawang yang pernah mencapai angka itu dalam satu musim. Artinya, Edouard Mendy bergabung dengan pemain-pemain yang sangat eksklusif, meski karirnya di dunia sepak bola masih terbilang baru.

Pemegang rekor sebelumnya mencatatkan prestasi bersama tim Spanyol, Santiago Canizares untuk Valencia di musim 2000/01 dan Keylor Navas bersama Real Madrid pada 2015/16.

Mendy adalah penjaga gawang pertama yang mencatatkan sembilan clean sheet dalam musim debutnya di Liga Champions. Sepanjang laga Liga Champions, ia hanya tiga kali kebobolan dari 12 pertandingan.

Mendy baru saja bergabung dengan The Blues di Stamford Bridge pada akhir September 2020, di tengah kekhawatiran atas performa kiper nomor satu sebelumnya Kepa Arrizabalaga.

Sumber : Goal, Kompas

 

Baca juga: Bursa Transfer Pelatih Eropa, Nama Zidane, Conte dan Inzaghi Disorot

Pos terkait

Tinggalkan Balasan