Laga Pertandingan Timnas VS UEA, Indonesia Kalah Telak 5-0 Dari UEA

  • Whatsapp
Timnas VS UEA
Pertandingan Timnas VS UEA 11 Juni 2021 (Foto dok. PSSI)

Skuad Tim Sepak Bola Nasional Indonesia kembali menelan kekalahan saat gagal melakukan gol penalti pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022. Timnas VS UEA berduel pada Kamis (11/6/2021) di Zabeel Stadium, Uni Emirat Arab.

Pertandingan Timnas VS UEA

Berikut adalah rangkuman hasil pertandingan kualifikasi Piala Dunia Timnas VS UEA:

Bacaan Lainnya

Babak Pertama

Uni Emirat Arab terlihat mengontrol jalannya pertandingan sejak awal babak pertama. Hal tersebut memaksa Timnas Indonesia untuk bertahan secara mendalam karena dipaksa untuk bermain dengn low blocks.

Kendati demikian, Timnas Indonesia juga mendapat beberapa kesempatan melalui serangan balik yang langsung mengarah ke Kushedya Hari Yudo. Namun, dukungan dari second line yang minim menyebabkan serangan Timnas belum berbahaya bagi UEA.

Sebaliknya, Uni Emirat Arab terus melakukan pressing yang diakhirir dengan umpan silang berbahaya. UEA tampak memaksimalkan betul keunggulan postur dengan terus mengirimkan umpan silang.

Memasuki emnit ke-15, Uni Emirat Arab memainkan taktik all out attack dengan bek Walid Abbas sampai maju ke depan. Timnas Indonesia mencoba meresepon dengan bermain formasi 5-4-1.

Namun sayangnya, serangan Uni Emirat Tiada hentinya hingga pada akhirnya tembus juga ke gawang Timnas Indonesia pada menit ke-22. Gol tersebut berawal dari umpan satu dua yang memaksa Riyandi menepis bola, namun bola rebound kemudian langsung disambar Ali Mabkhout menjadi gol.

Timnas Indonesia masih belum menyerah dan langsung mendapat peluang emas hasil kerja sama antara Kushedya dengan Evan Dimas, namun masih mentah. Uni Emirat Arab langsung membalas dengan sebuah gol pada menit ke-27.

Fabio Lima berhasil memberikan umpan lambung yang cantik dan berhasil disundul ke tiang jauh. Situasi semakin sulit bagi Timnas Indonesia setelah semua serangan yang dibangun selalu bisa dipatahkan oleh Ali Hassan.

Sebenarnya Timnas Indonesia mendapat peluang emas dari penalti yang dilakukan Evan Dimas. Namun lagi-lagi skuad Uni Emirat Arab lebih kuat dan penalti Evan Dimas mampu ditepis oleh Ali Khaseif di menit ke-38. Babak pertama pertandingan Timnas VS UEA berakhir dengan skor 0-2.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia bermain lebih menyerang. Namun serangan tersebut justru meninggalkan celah di lini pertahanan. Terbukti saat menit ke-48 UEA langsung mencetak gol ketiganya.

Gol tersebut bermula dari pelanggaran pemain Timnas Indonesia yang menghasilkan penalti untuk Uni Emirat Arab. Ali Makhbout berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik dan membobol gawang Riyandi.

Skuad Uni Emirat Arab sepertinya masih belum puas dan menyerang ke pertahanan Timnas Indonesia dengan hujanan umpan silang. Benar saja, sebuah umpan silang kembali menjadi gol saat Fabio Lima mencetak gol keduanya melulai sundulan di menit ke-55.

Ketertinggalan Timnas Indonesia 0-4 membuat skuadnya bermain dengan memberikan tekanan  yang utamanya datang dari Egy Maulana Vikri yang bekerja sama dengan Witan Sulaeman dan Kadek Agung. Serangan tersebut rupanya mampu merepotkan pertahanan Uni Emirat Arab dengan kecepatannya.

Namun memang harus diakui, Timnas Indonesia tetap sulit untuk menembus pertahanan Uni Emirat Arab meski sudah menyerang dari berbagai sisi. Malangnya, di menit-menit terakhir pertandingan, Uni Emirat Arab mencetak golnya yang kelima tepat pada menit ke-85.

Gol tersebut menjadi pamungkas pertandingan kualifikasi Piala Dunia zona Asia antara Timnas VS UEA dengan skor akhir 0-5. Timnas memperoleh peluang emas saat penalti, namun Evan Dimas gagal mewujudkannya dengan baik. Garuda pun harus menyerah dari Uni Emirat Arab.

Sumber: Indosport

Baca juga: Indonesia Kalah Telak 4-0 dari Vietnam, PSSI: Timnas Indonesia Sudah Bekerja Keras

Pos terkait

Tinggalkan Balasan