12 Klub Sepak Bola yang Lolos Kualifikasi Piala Dunia Asia

  • Whatsapp
Kualifikasi Piala Dunia Asia
Foto dok. FIFA

Selasa (15/6/2021) merupakan hari penentuan berakhirnya kualifikasi Piala Dunia Asia babak kedua. Sebanyak 12 negara dinyatakan lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia Asia ini.

Negara dengan fondasi pertahanan klub yang kuat seperti Jepang, Korea Selatan dan Australia sudah terlebih dahulu lolos sejak pekan lalu.

Bacaan Lainnya

Perjalanan pertandingan kualifikasi ini sungguh menarik untuk diikuti. Seperti saat Iran mengalahkan Irak untuk memenangkan Grup C. Uni Emirat Arab menahan timnas Vietnam yang tangguh untuk melompati lawan mereka, sehingga UEA memenangkan Grup G. Dan Arab Saudi berhasil menggulingkan Uzbekistan untuk menang di Grup D.

Meskipun Vietnam mampu ditumbangkan 3-2 dari Uni Emirat Arab, namun mereka tetap lolos sebagai salah satu dari lima runner up terbaik babak kedua ini.

Suriah menjadi salah satu kejutan, bersama dengan negara seperti Oman, China dan Lebanon. Suriah berhasil mengalahkan China dan berhasil lolos sebagai juara Grup A pada babak kedua kualifikasi Piala Dunia Asia.

Australia mampu menyamai Jepang dalam menyelesaikan kampanye Grup B babak kedua dengan rekor sempurna. Tim Australia mengalahkan Jordan dengan 1-0 berkat sundulan Harry Souttar dari sepak pojok dan menjadikannya delapan kemenangan berturut-turut dalam satu babak kualifikasi. Hal ini merupakan pertama kalinya bagi Australia.

Iran mampu memimpin Grup C setelah mengalahkan Irak dengan 1-0 berkat striker andalan mereka, Sardar Azmoun. Meski mengalami kekalahan, namun Irak dipastikan akan bergabung dengan tetangganya di babak ketiga sebagai runner up terbaik ketiga.

Arab Saudi di bawah asuhan Herve Renard mampu mengalahkan lawan mereka, Uzbekistan dengan skor 3-0 .

Oman membukukan tempat mereka di abbak berikutnya dengan kemenangan 3-0 atas Bangladesh untuk menyelesaikan tugasnya sebagai runner up terbaik kedua. Taun rumah Piala Dunia 2022 Qatar akhirnya menjadi juara Grup E dengan rekor yang tidak terkalahkan. Qatar berhasil membuat kemenangan sebanyak tujuh kali dan satu kali seri.

Uni Emirat Arab digadang-gadang akan menjadi salah satu tim paling bugar menuju babak ketiga kualifikasi Piala Dunia Asia. Setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2, Uni Emirat Arab berhasil ememnangkan Grup G. Pencetak gol terbanyak sepanjang masa UEA, Ali Mabkhout mencetak golnya yang ke-11 musim ini, mengonversi penalti dalam kemenangan. Ia telah membobol gawang lawannya dengan 27 gol yang ciamik dalam 16 pertandingan internasional terakhirnya.

Daftar Klub yang Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia Asia

Pemenang Grup

Grup A : Suriah

Grup B : Australia

Grup C : Iran

Grup D : Arab Saudi

Grup E : Qatar (Tidak ke babak ketiga karena status tuan rumah Piala Dunia 2022)

Grup F : Jepang

Grup G : Uni Emirat Arab

Grup H : Korea Selatan

Lima Runner Up Terbaik

Grup A : China

Grup C : Irak

Grup E : Oman

Grup G : Vietnam

Grup H : Lebanon

 

Sumber: FIFA

Baca juga: Cristiano Ronaldo ‘Geser’ Botol Coca-cola, Sahamnya Langsung Membara

Pos terkait

Tinggalkan Balasan