Copa America 2021: Kesiapan Brazil dan Argentina di Laga Final

  • Whatsapp
Copa America 2021
Laga semifinal Brazil VS Peru (REUTERS/Amanda Parobelli)

Perhelatan sepak bola Eropa akan mengakhiri pertandingan finalnya pada Minggu (11/7/2021). Sementara itu, dari benua Amerika, Copa America 2021 juga akan melangsungkan pertandingan finalnya pada Sabtu (10/7/2021)

Setelah melalui beberapa pertandingan, Argentina akan menjamu Brazil di rumput hijau pada pertandingan final Copa America. Pertandingan Bbrazil melawan Argentina ini adalah sebenar-benarnya laga classico. Kedua negara ini bertemu  pertama kali pada tahun 1914, sejak saat ini baik Brazil maupun Argentina dikenal akan keberhasilan prestasi sepak bolanya.

Bacaan Lainnya

Brazil dan Argentina sama-sama telah memenangkan 7 gelaran piala dunia. Kedua negara ini sudah mengungguli seluruh rival mereka pada pertandingan Copa America 2021. Bintang pesepak bola, Neymar dan Lionel Messi berhasil menjadi pemain yang paling unggul di turnamen ini.

Kesiapan Argentina dan Brzail di Final Copa America 2021

Argentina tidak terkalahkan dalam 19 pertandingan terakhir hingga menjelang pertandingan final di Stadion Maracana. Sementara Brazil, sebagain tuan rumah turnamen dan juara bertahan, belum pernah kalah sejak Argentina mengalahkan mereka pada pertandingan persahabatan.

“Suka atau tidak, mereka memiliki pemain terbaik di dunia (Messi),” kata penyerang Brazil, Richarlison yang dikutip dari Reuters.

“Jadi hal itu menciptkan persaingan sengit. Kami tahu betapa sulitnya mengalahkan Argentina, tidak hanya sekarang namun juga di masa lalu, dan kami tahu betapa sulitnya kami di Maracana,” lanjutnya.

Perhelatan final Copa America 2021 ini sangat menarik. Copa Amerika pada mulanya akan diselenggarakan di Kolombia dan Argentina. Namun Brazil mengambil alih sebagai tuan rumah pada menit-menit akhir penyelenggaraan. Hal tersebut dikarenakan kerusuhan yang terjadi di Kolombia serta lonjakan kasus COVID-19 di Argentina.

Hal itu tentu membuat Argentina kesal, lantaran yang akan menggunakan keunggulan status sebagai tuan rumah adalah Brazil. Seperti yang diketahui, Brazil juga menjadi tuan rumah pada tahun lalu. Bahkan mereka mampu mengalahkan Argentina di laga semifinal dengan skor 2-0. Pertandingan itu pun terkesan kontrovesial karena keputusan-keputusan wasit menguntungkan negara tuan rumah.

Paceklik Gelar

Pertandingan Copa America 2021 ini juga merupakan turnamen dimana Argentina dan terutama Messi, berusaha untuk mengakhiri paceklik gelar juara yang sudah berlangsung lama. Argentina belum pernah memenangkan gelar juara sejak Copa America pertama kali diluncurkan pada tahun 1993. Dan Messi pun tidak pernah memenangkan trofi bersama tim nasional.

Brazil semakin diunggulkan bukan hanya karena mereka akan bermain di kandang sendiri. Namun mereka juga memiliki rekor pertandingan yang lebih baik pada turnamen ini. Selain itu, mereka juga memiliki reputasi dalam mengalahkan Argentina pada momen pertandingan yang sulit.

Kedua tim telah bertemu 4 kali di laga final, tiga kali pada gelaran Copa Amerika dan satu kali pada gelaran Piala Konferederasi pada tahun 2005. Argentina tercatat pernah mengalahkan Brazil pada gelaran Copa America tahun 1937. Dan sejak saat itu, Argentina belum pernah mengulangi kemenangan atas Brazil di babak final.

Brazil memenangkan final Copa Amerika 2004 di Peru dan di Venezuela pada tahun 2007. Dimana mereka mengalahkan tim mewah yang berisi Messi muda di final internasional pertamanya.

 

Baca juga: Semifinal Euro 2020: Harry Kane Antarkan Inggris untuk Berduel dengan Italia di Laga Final

Pos terkait

Tinggalkan Balasan