Lalu Muhammad Zohri Siap Bertanding di Olimpiade Tokyo 2020 Cabang Atletik 100 Meter

  • Whatsapp
Lalu Muhammad Zohri
(foto: NOC Indonesia)

Perjalanan Lalu Muhammad Zohri, Sprinter putra andalan Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020 akan dimulai pada hari ini, Sabtu (31/7).

Kehadirannya di nomor 100 meter putra tidak hanya mengharumkan nama Indonesia saja, namun juga Asia Tenggara. Pasalnya, Lalu Muhammad Zohri menjadi satu-satunya wakil Indonesia sekaligus Asia Tenggara untuk nomor pertandingan tersebut di cabang olahraga atletik.

Bacaan Lainnya

Zohri pun memikul harapan besar bangsa Indonesia dan Asia Tenggara di pundaknya.

Sebuah kebanggaan bagi Indonesia memiliki sprinter sehebat Lalu Muhammad Zohri. Dimana ia akan menjadi satu-satunya wakil dari Asia Tenggara untuk nomor lari 100 meter putra.

Nomor pertandingan ini merupakan nomor paling bergengsi di cabang olahraga atletik. Sehingga bisa dipastikan akan ada banyak pasang mata yang akan menyaksikannya.

Tercatat 84 sprinter akan tampil di nomor 100 meter putra. Setiap negara memiliki kuota tiga atlet yang bisa tampil di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Standar utama dari penetapan lolos ke Olimpiade Tokyo adalah besaran catatan waktu 10,05 detik, peringkat dunia dan undangan.

Perjalanan Lalu Muhammad Zohri di Ajang Olimpiade Tokyo 2020

Zohri sendiri dapat lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 karena telah memenuhi standar kualifikasi catatan waktu 10,05 detik.

Pelari muda asal Lombok itu telah mencatatkan prestasinya di seri Golden Grand Prix Osaka 2019 di Jepang dengan menorehkan waktu 10,03 detik.

Berkat kepastian Zohri lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 dengan standar kualifikasi catatan waktu, ia berhak langsung tampil di babak pertama.

Zohri setidaknya telah melewati satu fase di babak kualifikasi dan menjaga asa untuk lolos ke babak semifinal.

Sejauh ini, prestasi yang ditorehkan oleh Zohri sangatlah gemilang. Pada tahun 2018, ia sukses menjadi pelari tercepat di Kejuaraan Asia Junior dan Kejuaraan Dunia U-20. Di tahun yang sama, ia kembali meraih penghargaan di ajang Asian games 2018 dengan perolehan medali perak pada nomor 4×100 meter putra.

Berlanjut pada tahun berikutnya, Zohri mampu meningkatkan prestasinya saat tampil di Kejuaraan Asia dengan sukses menempati urutan kedua dengan catatan waktu 10,13 detik.

Sumber: Okezone

Baca juga: Jennie BLACKPINK Beri Dukungan untuk Atlet Renang Korea Selatan di Olimpiade Tokyo 2020

Pos terkait

Tinggalkan Balasan