Hasil Piala Sudirman 2021: Malaysia Taklukan Indonesia, Kevin Sanjaya Akui Lawan Bermain Lebih Baik

  • Whatsapp
Piala Sudirman
Malaysia merasakan kemenangan atas Indonesia (Foto: Twitter/BA_Malaysia)

Hasil kurang memuaskan didapatkan tim bulu tangkis Indonesia dalam lanjutan piala Sudirman 2021, Jumat (1/10) 20:00 WIB. Indonesia ditaklukan Malaysia pada babak perempat final dengan skor 2-3.

Hingga partai keempat pertandingan, skor antara Indonesia dengan Malaysia menunjukkan hasil imbang 2-2. Namun sayang beribu sayang pada partai penentuan, Indonesia gagal mendapatkan kemenangan ketiga.

Bacaan Lainnya

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, pasangan ganda campuran Indonesia yang dipilih bermain pada partai penentuan perempat final Piala Sudirman, takluk dari pasangan ganda campuran Malaysia Hoo Peng Ron/Cheah Yee See.

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti mengakui keunggulan lawannya, Hoo/Cheah, lewat permainan tiga gim dengan skor 19-21, 21-10 dan 16-21.

Jalannya Partai Perempat Final Piala Sudirman 2021

Pada partai pertama perempat final piala Sudirman 2021 mempertandingkan ganda putra. Pasangan ganda putra Indonesia yang bertanding adalah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Dipihak Malaysia, pasangan ganda putra yang bertanding adalah Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Hasil partai pertama perempat final memberikan keunggulan untuk malaysia.

Piala Sudirman
Ganda Putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Foto: Twitter/BA_Malaysia)

Pasangan ganda putra Malaysia, Chia/Soh, berhasil mengalahkan Gideon/Sukamuljo dalam permainan 2 gim langsung dengan skor 21-12 dan 21-15. Hasil partai pertama Malaysia unggul 1-0 atas Indonesia.

Lewat partai pertandingan kedua, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan. Adalah Gregoria Mariska Tunjung, pemain tunggal putri Indonesia, berhasil mengalahkan tunggal putri Malaysia, Kisona Selvaduray.

Piala Sudirman
Tunggal Putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung (Foto: Twitter/BadmintonTalk)

Gregoria Mariska Tunjung mengalahkan Kisona Selvaduray lewat permainan rubber set atau 3 gim. Pada pertandingan pertama, Mariska berhasil menang dengan skor 22-20.

Pada pertandingan kedua, Mariska kalah dengan skor 19-21. Mariska berhasil memenangkan pertandingan pada pertandingan ketiga setelah menang dengan skor 21-19.

Skor sementara imbang 1-1 antara Indonesia dan Malaysia. Pada pertandingan ketiga, yang bertanding adalah tunggal putra. Dipihak Indonesia, tunggal putra yang dipilih adalah Anthony Sinisuka Ginting.

Dipihak Malaysia, tunggal putra yang bermain adalah Lee Zii Jia. Pada pertandingan ketiga ini, Lee berhasil mengalahkan Ginting lewat 2 gim langsung.

Lee mengalahkan Ginting dengan skor 21-11 dan 21-16. Setelah pertandingan ketiga ini, kedudukan sementara Malaysia unggul 2-1 atas Indonesia. 

Piala Sudirman
Pemain Tunggal Putra Malaysia, Lee Zii Jia (Foto: Twitter//BA_Malaysia)

Momen menegangkan hadir pada partai pertandingan keempat. Jika Malaysia berhasil mengalahkan Indonesia, Malaysia akan langsung memenangkan partai perempat final, namun bila Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia, Indonesia berhasil menambah nafas untuk memenangkan partai perempat final.

Pada pertandingan keempat, yang bermain adalah ganda putri. Disisi Indonesia, ganda putri yang dipilih untuk bertanding adalah Greysia Polii dan Apriyani Rahayu.

Piala Sudirman
Ganda Putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu (Foto: Twitter/BadmintonTalk)

Disisi Malaysia, ganda putri yang bermain adalah Tan Pearly dan Thinaah Muralitharan. Pada partai keempat, Indonesia berhasil mendapatkan asa untuk memenangkan perempat final.

Ganda putri Indonesia, Polii/Rahayu berhasil mengalahkan Tan/Thinaah lewat permainan 3 gim 22-20, 17-21 dan 21-18. Kalah dalam pertandingan ketiga, Polii/Rahayu berhasil menyumbangkan 1 poin untuk Indonesia setelah menang pada pertandingan ketiga.

Babak perempat final berlanjut ke partai pertandingan kelima, setelah sampai partai pertandingan keempat, Indonesia dan Malaysia bermain imbang 2-2.

Pada partai pertandingan kelima, yang dipertandingkan adalah ganda campuran. Disisi Indonesia, ganda campuran yang ditunjuk untuk bertanding adalah jawara All England 2020, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Ganda campuran Malaysia yang menjadi lawan Indonesia pada partai kelima babak perempat final ini adalah Hoo Pang Ron/Cheah Yee see.

Namun sayang, pasangan ganda campuran unggulan Indonesia tersebut gagal membawa Indonesia melaju ke babak selanjutnya. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti kalah lewat permainan 3 gim.

Pada pertandingan pertama, Hoo Cheah berhasil menang dengan skor 21-19. Pada pertandingan kedua, Praveen/Melati berhasil menang dengan margin skor yang besar, 9-21.

Namun pada partai pertandingan ketiga, Praveen/Melati kalah atas Malaysia dengan skor 21-16. Lewat hasil partai pertandingan kelima ini, Malaysia berhasil menang atas Indonesia dengan skor 3-2 dan berhak melaju ke babak semifinal.

Babak Selanjutnya Piala Sudirman

Bagi Malaysia pasca berhasil menaklukan Indonesia di babak perempat final, berhak melaju ke babak semifinal piala Sudirman. Pada babak semifinal, Malaysia akan berhadapan dengan Jepang.

Jepang sendiri lolos ke babak semifinal setelah mengalahkan Taiwan pada babak perempat final dengan skor 1-3. Babak semifinal antara Malaysia melawan Jepang akan diselenggarakan pada hari Sabtu (2/10) 20:00 WIB.

Pada babak semifinal piala Sudirman lainnya, mempertemukan China dengan Korea Selatan. Pertandingan China melawan Korea Selatan akan diselenggarakan pada hari sabtu (2/10) 14:00 WIB. 

China berhasil melaju ke babak semifinal setelah mengalahkan Denmark dengan skor 3-2 pada babak perempat final. Sedangkan Korea Selatan pada babak perempat final berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 3-2.

Rangkuman Pertandingan Perempat Final Piala Sudirman

Pertandingan Pertama

Aaron Chia/Soh Wooi Yik 21-12,21-15 Marcus Fernaldi Gideon, Kevin Sanjaya Sukamuljo

Pertandingan Kedua

Gregoria Mariska Tunjung 22-20, 18-21, 21-19 Kisona Selvaduray

Pertandingan Ketiga

Lee Zii Jia 21-11, 21-16 Anthony Sinisuka Ginting

Pertandingan Keempat

Greysia Polli/Apriyani Rahayu 22-20, 17-21, 21-18 Tan Pearly, Thinaah Muralitharan

Pertandingan Kelima

Hoo Pang Ron/Cheah Yee See 21-19,9-21,21-16 Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

Sumber: BWF Sudirman Cup

Baca juga: 5 Fakta Menarik Karir Taufik Hidayat di Dunia Bulutangkis

Pos terkait

Tinggalkan Balasan