Rennais Permalukan PSG 2-0 Dalam Lanjutan Ligue 1 Liga Prancis 

  • Whatsapp

Paris Saint-Germain (PSG) menelan kekalahan pertamanya di liga Prancis kala menghadapi Stade Rennais pada hari Minggu (3/10) 18.00 WIB. Bertandang ke kandang Rennais, Stadion Roazhon Park, PSG takluk dengan skor 2-0.

PSG
Lionel Messi, PSG, dikawal pemain Rennais (Foto: Twitter/Ligue1_ENG)

Bermain dengan skuad terbaiknya juga diperkuat 3 penyerang mega bintangnya, Neymar, Lionel Messi dan Kylian Mbappe, Les Perisens, julukan PSG, gagal membawa pulang 3 poin kemenangan.

Skuad asuhan pelatih asal Argentina, Mauricio Pochettino, gagal menjaga rekor kemenangan mereka di Ligue 1 Liga Prancis. Berhasil meraih 8 kemenangan beruntun dalam 8 kali pertandingan liga, rekor kesempurnaan kemenangan tersebut harus putus dalam pertandingan ke 9.

Raihan negatif tersebut masih membuat PSG berada di puncak klasemen sementara Ligue 1 liga Prancis sementara Rennais berada di posisi ke 11 klasemen sementara Ligue 1 liga Prancis.

Formasi dan Susunan Pemain

Mauricio Pochettino, melawat ke kandang Rennais dengan membawa skuat unggulannya. Formasi yang ia gunakan dalam pertandingan ini adalah 4-2-3-1.

Di posisi kiper, diisi oleh kiper muda berbakat mereka, Gianluigi Donnarumma. Untuk 4 pemain belakang, bek kanan diisi oleh Achraf Hakimi, 2 bek tengah diisi oleh Marquinhos dan Presnel Kimpembe dan bek kiri diisi oleh Nuno Mendes. 

PSG
Kiper Les Parisiens, Gianluigi Donnarumma (Foto: Twitter/PSG_inside)

Untuk 2 pemain gelandang tengah diisi oleh Idrissa Gueye dan Marco Verratti. Untuk 3 pemain berposisi gelandang serang diisi oleh Ángel Di María, Lionel Messi dan Neymar. Untuk 1 penyerang tunggal didepan, diisi oleh penyerang muda handal PSG, Kylian Mbappé.

Pada pertandingan ini, pemain Les Perisiens yang tidak bisa memperkuat skuatnya karena cedera diantaranya Sergio Ramos, Juan Bernat dan Sergio Rico. 

Di kubu Stade Rennais, pelatih Bruno Genesio, meracik formasi dan pemain yang bisa mengalahkan perlawanan lawannya. Bruno Genesio pada pertandingan ini menggunakan formasi 4-4-2.

PSG
Pelatih Stade Rennais, Bruno Genesio (Foto: Twitter/Opta_Jean)

Di posisi kiper diisi oleh Alfred Gomis. 4 pemain belakang Rennais yang bermain diisi oleh Birger Meling, Nayef Aguerd, Warmerd Omari dan Hamari Traore.

Empat posisi pemain tengah diisi oleh Kamaldeen Sulemana, Flavien Tait, Jonas Martin dan Benjamin Bourigeaud. Dua pemain depan diisi oleh Martin Terrier dan Gaëtan Laborde.

Jalannya Pertandingan

Babak pertama berjalan cukup pelik bagi kedua tim, baik tim tuan rumah dan tim tamu saling bertukar serangan. Peluang pertama pada pertandingan ini didapatkan Rennais pada menit ke 10, namun Gianluigi Donnarumma berhasil mengamankan jala gawangnya.

Les Perisiens memiliki beberapa peluang emas pada babak pertama salah satunya pada menit ke 31. Eks pemain Barcelona, Lionel Messi, mendapatkan peluang dari tendangan bebas namun sayang tendangannya masih membentur mistar gawang.

Malang bagi PSG, gol pertama yang tercetak di pertandingan ini merupakan gol untuk Rennais. Berawal dari Kamaldeen Sulemana menyisir sisi kiri pertahanan lawan kemudian mengirim umpan lambung ke tengah kotak penalti.

PSG
Gaëtan Laborde, pencetak gol pertama Rennais (Foto: Twitter/Ligue1_UberEats)

Umpan lambung tersebut berhasil dikonversikan menjadi gol oleh Gaëtan Laborde yang tidak terkawal dengan baik. Hingga wasit meniup peluit berakhirnya babak pertama, Rennais unggul 1-0 atas tim tamunya.

Dimulainya babak kedua, baik kedua pelatih tim sama sekali tidak melakukan pergantian pemain. 

Babak kedua baru berjalan 1 menit, Rennais berhasil menggandakan keunggulan atas tim tamunya. Kali ini, Gaëtan Laborde yang menjadi kreator gol kedua dengan memberikan assist terciptanya gol kedua.

Berawal dari Gaëtan Laborde menyisir sisi kanan pertahanan Les Perisiens kemudian mengirimkan umpan datar terukur ke sisi kiri kotak penalti. Umpan datar terukur tersebut berhasil disapu keras ke sisi kiri gawang Donnarumma Flavien Tait.

Donnarumma kali kedua pada pertandingan ini gagal mengamankan gawangnya dari gol Rennais. Tim tuan rumah memperlebar selisih unggul gol pada babak kedua yang baru dimulai.

PSG
Kylian Mbappe menyisir pertahanan Rennais (Foto: Twitter/PSG_English)

Les Perisiens berpeluang memperkecil ketertinggalan atas tim tuan rumah pada menit ke 69. Namun sayang sepakan Mbappe yang sudah berhasil masuk ke gawang Rennais dinilai offside oleh wasit melalui VAR.

Tidak lama dari gol yang dianulir, Mbappe kembali dapat peluang emas namun tendangannya masih melayang di sisi kiri luar gawang Rennais. 3 menit berselang tepatnya menit ke 73 Lionel Messi kembali mendapatkan peluang dari tendangan bebas.

Tendangan bebas yang berjarak sangat dekat dengan kotak penalti gagal dieksekusi dengan baik oleh Messi. Tendangannya masih melayang diatas sisi kanan gawang Rennais. 

Dua menit berselang tepatnya menit ke 75, kedua pelatih melakukan pergantian pemain untuk menyegarkan skuatnya yang bermain. Masing-masing pelatih melakukan tiga pergantian pemain.

Mauricio Pochettino menarik keluar Gueye, Neymar dan Marco Verratti dan memasukkan Ander Herrera, Mauro Icardi dan Georginio Wijnaldum. Sementara di kubu Rennais, Bruno Genesio menarik keluar Jonas Martin, Martin Terrier dan Benjamin Bourigeaud dan memasukkan Baptiste Santamaria, Sehrou Guirassy dan Lorenz Assignon. 

Hingga wasit meniup peluit berakhirnya pertandingan waktu normal, tidak ada tambahan gol yang tercipta. Dengan demikian Rennais berhasil mematahkan rekor 15 pertandingan tanpa kekalahan Les Perisiens pada pertandingan ke 16 nya.

Poin dan Klasemen Ligue 1 Liga Prancis

Dengan hasil pertandingan ini, Les Perisiens masih bercokol dipuncak klasemen sementara Ligue 1 Liga Prancis dengan torehan 24 poin, sementara bagi Rennais bercokol di papan tengah liga di posisi ke 11 dengan torehan 12 poin. 

Statistik Pertandingan Stade Rennais vs Paris Saint-Germain

Gol 2 – 0

Penguasaan bola: 33% – 67%

Tendangan: 12 – 13

Tendangan Tepat ke Gawang: 4 – 0

Pelanggaran: 9 – 4

Kartu Kuning: 2 – 3

Sumber: whoscored.com 

Baca juga: Hasil Pertandingan Kualifikasi Grup Europa League 2021: Leicester City Ditahan Imbang Napoli

Pos terkait

Tinggalkan Balasan