Hasil Piala Sudirman 2021: Tunggal Putri Gregoria Mariska Sumbang Poin Untuk Indonesia

  • Whatsapp
Gregoria Mariska
Tunggal Putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung (Foto: Twitter/badmintalk)

Tunggal putri andalan Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung atau yang akrab disapa Jorji, berhasil menyumbangkan poin untuk Indonesia di babak perempat final Piala Sudirman 2021. 

Bermain pada pertandingan pertama, Gregoria Mariska berhasil menaklukan tunggal putri Malaysia, Kisona Selvaduray, dengan skor 22-20, 18-21 dan 21-19. 

Bacaan Lainnya

Pertandingan yang alot dialami Jorji pada pertandingan ini. Lewat pertandingan yang berjalan selama 67 menit, Jorji berhasil memberikan poin untuk Indonesia melalui permainan rubber game atau 3 gim. 

Namun beribu sayang, sumbangsih poin dari Gregoria Mariska, gagal membawa Indonesia melaju ke babak selanjutnya. Ajang akbar yang diselenggarakan di Energia Areena, Finlandia, menjadi saksi perjuangan Indonesia di ajang Piala Sudirman harus selesai lebih cepat.

Tim bulu tangkis Indonesia, harus mengakui keunggulan Malaysia setelah takluk dengan skor 2-3. Bermain sampai dengan pertandingan keempat dengan skor 2-2, namun pada pertandingan penentuan, ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti, kalah melawan ganda campuran Malaysia

Jalannya Pertandingan Gregoria Mariska vs Kisona Selvaduray

Pertandingan yang alot harus dilewati Jorji pada babak perempat final Piala Sudirman 2021. Pada pertandingan pertama, hingga interval pertandingan pertama, Jorji ketinggalan tunggal putri Malaysia dengan skor 9-11.

Gregoria Mariska
Tunggal Putri Malaysia, Kisona Selvaduray (Foto: Official BWF)

Selama berjalannya pertandingan pertama, Jorji kerap ketinggalan skor dengan lawannya. Titik balik Jorji terjadi saat Kisona memimpin 14-17, pelan namun pasti, Jorji mengejar ketertinggalan dan berhasil menyamakan skor 17-17.

Namun Jorji kembali tertinggal 19-17 dan kembali berhasil menyamakan kedudukan 19-19. Sempat tertinggal kembali namun selanjutnya Jorji berhasil mengunci kemenangan pertandingan pertama dengan skor 22-20.

Jalannya pertandingan kedua, hingga interval pertandingan didominasi keunggulan Jorji atas Kisona. Interval pertandingan kedua memiliki skor 11-9 dengan keunggulan Jorji.

Berlanjut interval pertandingan kedua, terjadi balas membalas keunggulan. Berjalan hingga skor 15-15, Kisona berhasil memperlebar skor hingga tidak bisa disalip Jorji. 

Pertandingan kedua ditutup dengan kemenangan Kisona dengan skor 18-21. Skor sementara pertandingan 1-1, membuat penentuan kemenangan harus dilanjutkan hingga pertandingan ketiga atau yang disebut rubber game.

Seakan tampil lebih percaya diri, Jorji kembali bangkit di pertandingan penentuan. Hingga interval pertandingan ketiga, Jorji memimpin dengan skor 11-6. 

Puncaknya Jorji berhasil memimpin jauh dengan skor 15-7 atas Kisona. Sempat lengah dan Kisona memperkecil jarak hingga 15-13. Namun Jorji kembali berhasil menambah keunggulannya hingga pertandingan berakhir dengan skor 21-19.

Satu poin penting berhasil diraih Jorji pada babak perempat final Piala Sudirman 2021. Dengan kemenangan ini, Jorji Mariska seakan membalas kekalahan atas Kisona di pertemuan sebelumnya pada ajang sea games 2019.

Dihitung dengan pertandingan pada babak perempat final Piala Sudirman 2021 ini, Gregoria Mariska dengan Kisona Selvaduray sudah pernah bertemu sebanyak 4 kali pertandingan.

Skor pertemuan 4 kali pertandingan menunjukkan hasil imbang 2-2 dengan 2 kali kemenangan bagi masing-masing pemain. 

Perjalanan Gregoria Mariska di Piala Sudirman 2021

Jorji mencatat rekor kemenangan sempurna selama bertanding di gelaran Piala Sudirman 2021. 2 kali bertanding, Jorji berhasil menyapu bersih dengan kemenangan.

Pertandingan pertama Jorji di Piala Sudirman 2021 dimulai pada babak grup tepatnya saat Indonesia Melawan Rusia.  Jorji berhadapan dengan tunggal putri Rusia, Anastasiia Shapovalova. 

Jorja berhasil membukukan kemenangan manis lewat dua gim langsung atas Shapovalova. Jorji berhasil menang dengan skor 21-14 dan 21-13. Pertandingan kedua Jorji di Piala Sudirman 2021 juga berhasil dimenangkan olehnya.

Namun sayang perjalanan Jorji di kancah Piala Sudirman 2021 harus terhenti setelah Indonesia kalah skor akhir atas lawannya, Malaysia. Namun dengan rekor kemenangan sempurna Jorji di Piala Sudirman 2021, besar harapan publik Indonesia Jorji mampu memberikan gelar demi gelar kemenangan.

Gregoria Mariska
Perjalanan Indonesia di Piala Sudirman Berhenti di Tangan Malaysia (Foto: Official BWF)

Serba serbi Gregoria Mariska Tunjung

Atlet tunggal putri andalan Indonesia ini lahir di Wonogiri pada tanggal 11 Agustus 1999. Pada usianya saat ini, 22 tahun, menempati ranking ke 21 dunia pada sektor tunggal putri.

Gregoria Mariska
Paras anggun Jorji yang diunggah di akun Instagram pribadinya @gregoriamrska

Atlet yang memiliki tinggi badan 166 cm ini selama karir profesionalnya sudah berhasil memenangkan 155 kali pertandingan. Salah satu gelar yang diperolehnya diraih pada Sea Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Jorji berhasil meraih medali perunggu pada ajang tersebut. 

Bergabung di pelatnas Cipayung sejak tahun 2013, Jorji di tahun 2017 berhasil meraih juara dunia tunggal putri pada kejuaraan dunia yunior BWF 2017.

Baca juga: The Minions Kalah dari Malaysia pada Olimpiade Tokyo 2020, Ini Tanggapan Mereka

Pos terkait