Keutamaan Surah Al Kafirun, Sejarah dan Terjemahnya

  • Whatsapp
Al Kafirun
Gambar istimewa Konsultasi Syariah

Surah Al Kafirun adalah surah urutan ke 109 dalam Al Quran. Surah ini cukup familiar di telinga karena sering dibaca dan berada pada juz 30 dan berisikan 6 ayat, dan pada ayat pertama terdapat kata Al Kafirun yang artinya orang-orang kafir.

Menurut sejarah, surah ke 109 ini diturunkan setelah surah Al Maun.

Al Kafirun adalah surah yang diturunkan di Mekkah, dan karenanya surah ini termasuk kedalam surah Makiyah karena pada saat diturunkan, Nabi Muhammad SAW belum melakukan hijrah ke Madinah.

Mengutip Suara.com, asbabun nuzul atau sebab diturunkannya surah ini adalah ketika Rasulullah mencoba untuk menyebarkan agama Islam namun ditentang dan mengalami penolakan dari kaum Quraisy. Kaum Quraisy senantiasa mencari cara untuk menggagalkan dakwah dan penyebaran Islam yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Hingga pada akhirnya surah Al Kafirun turun saat kaum Quraisy berusaha mengajak Rasulullah untuk berunding. Mereka mengajukan syarat, jika Rasulullah mau memuja Tuhan mereka maka mereka akan balik memuja tuhan yang disembah oleh Rasulullah.

Terjemah Surah Al Kafirun

(1) Katakanlah, “Wahai orang-orang kafir!
(2) Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah
(3) Dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah
(4) Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah
(5) Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah
(6) Untukmu agamamu, dan untukku agamaku

Keutamaan Surat Al Kafirun

1. Sebagai pembeda, antara orang-orang tkmuslim dan kafir. Membaca surah ini menjadi pembeda bagi kita sebagai orang muslim dengan orang-orang kafir.

2. Dihindarkan dari sifat dan perbuatan musrik
Barangsiapa yang membaca surah Al Kafirun sebelum tidur niscaya Allah akan menjauhkannya dari sifat-sifat tercela (Musyrik).

3. Memperkuat pondasi keimanan
Dalam surah ini terkandung makna tentang ketakwaan manusia kepada Allah. Maka secara otomatis, barangsiapa yang mengamalkan dan membaca surah ini secara khusyu akan membuat seorang hamba semakin tawakkal untuk ibadah kepada Allah SWT.

4. Dijauhkan Dari Godaan Syaiton
Salah satu riwayat menyebutkan bahwa surah Al Kafirun adalah surah yang sangat ditakuti oleh iblis, karena surah ini merupakan cerminan dari keimanan seseorang dan bisa dijadikan pembebas diri dari kemusyrikan.

5. Seperti halnya mengkhatamkan Al-Quran
Pahala yang diberikan oleh Allah bagi hambanya yang membaca surah ini setara dengan mengkhatamkan Al-Quran.

Baca juga: Abuya Uci, Ulama Kharismatik Sahabat Gus Dur Wafat Hari ini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan