Penuhi Asupan 3 Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi

  • Whatsapp
Vitamin untuk Daya Tahan tubuh

Virus Corona yang masih menghantui saat ini, membuat masing-masing orang harus lebih ekstra dalam menjaga kesehatan tubuhnya.  Selain dengan menjalankan protokol kesehatan, mengonsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh juga wajib hukumnya.

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, rutin mengonsumsi vitamin dan tetap melakukan aktivitas fisik serta istirahat yang cukup, dinilai mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak semua vitamun perlu dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah paparan COVID-19.

Bacaan Lainnya

Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh

Seorang ahli diet dari Cleveland Clinik, Julia Zumpano, mengungkapkan bahwa terdapat beberapa jenis vitamin yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Menurutnya, mengonsumsi sejumlah vitamin untuk daya tahan tubuh, mampu mencegah tubuh kita dari tertular virus. Berikut beberapa vitamun yang terbukti ampuh dalam meningkatkan daya tahan tubuh, guna mencegah dari paparan dan infeksi virus Corona.

1. Vitamin C

Urutan pertama dalam daftar vitamin yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah COVID-19 adalah vitamin C. Vitamin C merupakan salah satu penguat sistem kekebalan tubuh yang paling ampuh. Kekurangan asupan vitamin C dapat membuat seseorang menjadi lebih mudah sakit.

Secara alami, vitamin C dapat ditemukan dalam buah dan sayur seperti jeruk, stroberi, paprika, bayam, kangkung dan brokoli. Asupan vitamin C harian sangat penting untuk kesehatan karena tubuh manusia tidak dapat memproduksi atau vitamin C sendiri.

Banyaknya makanan yang mengandung vitamin C dan mudah ditemui, membuat Anda tidak perlu mengonsumsi vitamin C kecuali jika disarankan oleh dokter.

Vitamin daya tahan tubuh
Makanan yang mengandung vitamin C

2. Vitamin B6

Urutan berikutnya vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah vitamin B6. Vitamin ini sangat penting untuk mendukung reaksi biokimia dalam sistem kekebalan tubuh manusia.

Makanan yang kaya akan kandungan vitamin B6 di antaranya adalah ayam dan ikan laut seperti tuna dan salmon. Vitamin B6 juga mudah ditemukan dalam sayuran hijau dan buncis.

Vitamin untuk daya tahan tubuh
Makanan yang mengandung vitamin B6

3. Vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu vitamin untuk daya tahan tubuh guna mencegah terpaparnya virus Corona. Vitamin E adalah antioksidan kuat yang membantu tubuh melawan infeksi.

Makanan yang mengandung vitamin E di antaranya adalah kacang-kacangan, biji-bijian dan bayam. Dukungan konsumsi suplemen yang mengandung vitamin B6 juga bagus untuk memenuhi kebutuhan vitamin. Namun, akan lebih baik jika Anda mencukupi kebutuhan nutrisi harian dari makanan.

Vitamin untuk daya tahan tubuh
Makanan yang mengandung vitamin E

Tubuh akan menyerap serta menggunakan vitamin dan nutrisi dengan lebih baik, jika berasal dari sumber makanan yang alami. Sebab, penggunaan beberapa suplemen memiliki efek samping. Terutama jika dikonsumsi sebelum operasi atau dengan obat lain. Suplemen juga dapat menyebabkan masalah jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Sumber: Kontan

 

Baca juga: 3 Bahaya Akibat Kekurangan Vitamin D

Pos terkait

Tinggalkan Balasan