Ini Pentingnya Asupan Vitamin D di Masa Pandemi

  • Whatsapp
Asupan vitamin D
(foto: freepik)

Dalam menghadapi teror virus Corona yang melanda Indonesia lebih dari 15 bulan ini dibutuhkan tubuh yang kuat dan sehat untuk melawan virus. Sering terlupakan oleh banyak orang bahwa tubuh juga membutuhkan asupan vitamin D yang cukup untuk menjaga imunitas.

Daya tahan tubuh yang kuat dapat melawan kuman dan virus penyebab penyakit. Meningkatkan imunitas tubuh dapat dilakukan dengan cara makan makanan yang sehat dan bergizi tinggi. Selain itu, asupan-asupan vitamin juga diperlukan untuk tubuh agar dapat meningkatkan sistem imun.

Bacaan Lainnya

Melansir Alodokter, beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin D yang cukup mampu menekan risiko seseorang untuk terinfeksi virus, terlebih lagi virus Corona.

Dalam beberapa penelitian juga disebutkan bahwa pasien yang terpapar virus Corona dan memiliki asupan vitamin D yang cukup, cenderung memiliki gejala yang lebih ringan daripada pasien COVID-19 lain yang kekurangan vitamin D.

Memenuhi Asupan Vitamin D Dapat Mengurangi Risiko Terpapar COVID-19

Seperti yang diketahui, vitamin D memiliki peran yang penting dalam memperkuat imunitas tubuh. Jika sebelumnya vitamin D diketahui hanya berperan untuk menjaga tulang, memiliki asupan vitamin D yang cukup juga membantu dalam memperkuat sistem imun.

Bila sistem imunitas tubuh kuat, risiko terpapar dan terinfeksi virus Corona dapat ditekan. Inilah alasan penting mengapa setiap orang perlu mencukupi asupan vitamin dalam tubuh.

Penelitian mengenai efektivitas vitamin D dalam menurunkan risiko terpapar COVID-19 masih perlu banyak dikaji ualng. Namun pada sebuah penelitian disebutkan, orang dengan kadar asupan vitamin D yang rendah memilikipeluang sebesar 7,2 persen lebih tinggi untuk terinfeksi virus Corona.

Manfaat vitamin D ini tidak hanya bersifat mencegah, namun juga dapat melawan virus yang sudah menjangkiti tubuh. Pasien COVID-19 yang mendapat asupaan vitamin D yang cukup mampu mengurangi tingkat keparahan penyakit.

Risiko untuk mengalami badai sitokin yang dapat menyerang pasien COVID-19 juga dapat ditekan dengan pemenuhan kebutuhan vitamin D yang cukup selama perawatan. Badai sitokin merupakan komplikasi serius yang berisiko menyebabkan kerusakan oragn yang berakibat fatal.

3 Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin D

Asupan Vitamin D
(foto: pexels)

Untuk menjaga imunitas tubuh dan risiko terpapar virus dapat berkurang, selain dengan mematuhi protokol kesehatan, Anda juga harus memenuhi kebutuhan gizi harian yang diperlukan oleh tubuh. Berikut beberapa cara untuk mencukupi kebutuhan vitamin D:

1. Berjemur

Saat berjemur di bawah sinar matahari, tubuh akan secara alami memproduksi vitamin D. Waktu berjemur yang disarankan adalah saat pagi hari antara pukul 8 hingga pukul 10 pagi. Berjemur dapat dilakukan 15-20 menit setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Perlu diingat, meski matahari pagi baik untuk menjaga kesehatan tulang dan membentuk vitamin D, Anda juga harus menjaga kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu, pemakaian tabir surya dengan SPF minimal 30 diperlukan untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan topi atau penutup kepala dan kacamata hitam agar terlindungi dari sinar radiasi matahari.

2. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D

Selain berjemur, kebutuhan vitamin D juga dapat dipenuhi dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Makanan yang mengandung vitamin D alami di antaranya ikan salmon, sarden, daging tanpa lemak, hati, kuning telur, jamur, tuna, udang dan susu serta produk olahannya.

3. Mengonsumsi suplemen vitamin D

Sebagai tambahan untuk memenuhi asupan vitamin D dan mencegah kekurangan vitamin D, Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin D.

Suplemen vitamin D yang disarankan untuk dikonsumsi harian adalah suplemen vitamin D dengan dosis 1.000 IU. Dosis ini merupakan dosis yang aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

Itulah manfaat vitamin D untuk mencegah infeksi virus Corona. Selain memenuhi kebutuhan vitamin D, Anda juga harus memenuhi asupan nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh.

 

Baca juga: 3 Bahaya Akibat Kekurangan Vitamin D

Pos terkait

Tinggalkan Balasan