6 Rekomendasi Suplemen Vitamin D di Bawah 100rb

  • Whatsapp
Suplemen Vitamin D
(Foto: pexels)

Vitamin D merupakan vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan tulang dan menjaga sistem imunitas tubuh. Selain dengan mencukupi kebutuhan vitamin D secara alami, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin D dengan mengonsumsi suplemen vitamin D.

Suplemen vitamin D dapat membantu kita dalam mencukupi kebutuhan vitamin D harian. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa dirinya mengalami kekurangan asupan vitamin D.

Bacaan Lainnya

Indonesia merupakan negara dengan sinar matahari yang konsisten sepanjang tahu. Meski demikian, hal tersebut tidak menjamin seseorang mendapatkan vitamin D yang cukup dari sinar matahari.

Dosis Vitamin D yang Diperlukan Tubuh

Mengutip SehatQ, osis vitamin D yang dibutuhkan masing-masing orang tentu berbeda. Perbedaan tersebut mengacu pada usia dan jenis kelamin. Berikut dosis vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh:

  • Usia 0-12 bulan: 10 mcg (400 IU) untuk laki-laki dan perempuan
  • Usia 1-13 tahun: 15 mcg (600 IU) untuk laki-laki dan perempuan
  • Usia 14-18 tahun: 15 mcg (600 IU) untuk laki-laki dan perempuan (termasuk yang sedang hamil dan menyusui)
  • Usia 19-50 tahun: 15 mcg (600 IU) untuk laki-laki dan perempuan (termasuk yang sedang hamil dan menyusui)
  • Usia 51-70 tahun: 15 mcg (600 IU) untuk laki-laki dan perempuan
  • Usia > 70 tahun: 20 mcg (800 IU) untuk laki-laki dan perempuan

Rekomendasi Suplemen Vitamin D

Jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D, perhatikan instruksi yang tertera pada kemasan. Instruksi terkait dosis dan indikasi juga perlu diperhatikan. Meski dalam kondisi tubuh yang prima, mengonsumsi vitamin D secara berlebihkan dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Berikut rekomendasi suplemen vitamin D di bawah 100rb:

1. D-Vit FT Tablet 400 IU (Kisaran Harga: Rp32.000)

Suplemen Vitamin D

D-VIT FT 400 IU ini adalah suplemen vitamin D yang berfungsi untuk membuat tulang lebih kauat sehingga bisa tetap aktif bergerak.

Suplemen ini dapat dikonsumsi dari usia remaja hingga dewasa. Jika dikonsumsi dengan teratur, vitamin ini dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang, mencegah osteoporosis, menunjang pertumbuhan tulang anak serta mempercepat penyerapan kalsium dan fosfor.

2. D3-400 Tablet (Kisaran Harga: Rp28.000)

Suplemen Vitamin D

Suplemen ini cocok dikonsumsi sehari-hari karena mengandung dosis yang cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian. Kandungan vitamin D dalam setiap tabletnya sebanyak 400 IU. Sama seperti suplemen pada umunya, D3-400 ini juga membantu menyehatkan tulang dan mencegah berbagai penyakit di organ tersebut.

3. Protecal Osteo (Kisaran Harga: Rp20.000)

Suplemen Vitamin D

Suplemen ini berbentuk kaplet dengan kandungan vitamin D 400 IU dan kalsium 600 mg. Kandungan kalsium yang terdapat dalam suplemen ini dapat menjaga kepadatan tulang dan lebih efektif mencegah terjadinya osteoporosis.

Kandungan vitamin D 400 IU dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dan aman dikonsumsi sehari-hari, terutama pada individu yang membuthkan asupan vitamin D tambahan seperti ibu hamil.

Ibu hamil termasuk kelompok individu yang rentan terkena osteoporois karena janin yang dikandungnya juga membutuhkan kalsium. Jika ibu hamil tidak memenuhi kebutuhan kalsium yang cukup, maka janin akan mengambilnya dari tulang ibu.

4. D-3 1000 Tablet (Kisaran Harga: Rp70.000)

Suplemen Vitamin D

Selain usia dan jenis kelamin, faktor lain yang memengaruhi jumlah kebutuhan vitamin D seseorang adalah riwayat penyakit yang dideritanya. Pada orang dengan kondisi kesehatan tertentu, dibutuhkan suplemen vitamin D dalam dosis yang lebih tinggi, seperti vitamin D3-1000.

Vitamin ini diperuntukan orang dalam kondisi tertentu seperti Ibu hamil dan menyusui, lansia, serta, penderita penyakit infeksi dan diabetes melitus tipe 1 yang memerlukan tambahan vitamin D lebih banyak dibanding orang dalam keadaan normal.

5. CDR Fortos (Kisaran Harga: Rp45.000)

Suplemen Vitamin D

CDR Fortos merupakan suplemen vitamin D yang mudah dijumpai di toko-toko obat terdekat. CDR Fortos juga mengandung kalsium sehingga baik untuk mencegah kerusakan tulang seperti osteoporosis dan gangguan pada gigi, terutama pada orang berusia lanjut.

CDR Fortos mengandung 600 mg kalsium dan 400 IU vitamin D, sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan harian.

6. Scotts Emulsion Original (Kisaran Harga: Rp45.000)

Suplemen Vitamin D

Scott’s Emulsion Original merupakan suplemen dengan kandungan minyak ikan yang diperkaya dengan berbagai komponen yang baik untuk tubuh, termasuk vitamin D 85 IU, minyak hati ikan kod, omega 3, vitamin A, serta mineral seperti kalsium dan natrium.

Suplemen ini baik untuk dikonsumsi anak-anak di atas usia 1 tahun karena dalam masih dalam masa pertumbuhan tulang dan gigi.

Sebelum mengonsumsi suplemen vitamin D, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atrau ahli medis untuk mengetahui dosis yang pas untuk dikonsumsi.

Baca juga: 6 Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin D, Wajib Dikonsumsi!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan