Hari Film Nasional 2021 Dirayakan Secara Daring

  • Whatsapp
Hari film Nasional 2021

Perayaan Hari Film Nasional 2021 ini digelar secara daring. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, beberapa film karya Usmar Ismail juga disebutkan bisa dinikmati dari tanggal 26 hingga 30 Maret 2021 secara daring.

Kemendikbud melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Baru menyebutkan perayaan Hari Film Nasional 2021 dilakukan secara daring.

Melansir laman resmi Kemendikbud, dari 26 hingga 30 Maret akan diadakan pemutaran film secara daring dan luring di beberapa kota besar.

Film yang ditayangkan antara lain Darah dan Doa, Harimau Tjampa, Liburan Seniman, Tjambuk Api, Lewat Djam Malam, Anak Perawan di Sarang Penyamun, Bintang Ketjil, Pendekar Sumur Tujuh, dan Jenderal Kantjil.

Selain pemutaran film, diskusi film juga akan dilakukan untuk perayaan Hari Film Nasional ke-71. Diskusi film ini bekerjasama dengan Rumata Art Space di Makassar pada 20-30 Maret 2021. Tema diskusi tentunya berkaitan dengan tema 100 Tahun Usmal Ismail.

Sejarah Peringatan Hari Film Nasional

Tanggal 30 Maret dipilih sebagai Hari Film Nasional berdasarkan tanggal yang sama saat pengambilan gambar pertama film Darah & Doa atau Long March of Siliwangi, karya sutradara Usmar Ismail.

Bertepatan dengan hal itu, tahun ini merupakan peringatan yang ke-71 Hari Film Nasional dan mengangkat tema “100 tahun Usmal Ismail.”

Tiktok meluncurkan film vertikal “X&Y” di Hari Film Nasional 2021

TikTok Indonesia berkolaborasi dengan Studio Antelope membuat film vertikal. Film ini dibuat untuk memperingati Hari Film Nasional dan dukungan kepada industri film Tanah Air.

Film hasil kolaborasi dengan judul X&Y itu menjadi film pendek vertikal pertama di TikTok Indonesia. Film itu dibintangi Jourdy Pranata dan Arawinda Kirana. Jourdy sebagai Omar dan Arawinda sebagai Winda.

Film berdurasi 16 menit itu dibuat dalam format vertikal, selayaknya video di beranda TikTok. Film itu tak hanya melibatkan aktor kawakan, para kreator TikTok yang berbakat dalam bidang akting juga dilibatkan dalam penggarapan. Beberapa di antaranya, Dwynna Win sebagai Chelsea, Avan The Love sebagai Mas Yos dan Giovani Divaldhi sebagai Vano.

Baca juga: Sinopsis Godzilla vs Kong yang Tayang Mulai 24 Maret 2021

Pos terkait

Tinggalkan Balasan