Resep dan Cara Masak Ikan Nila Bumbu Kuning Paling Lezat

  • Whatsapp
Bulan puasa akan segera tiba beberapa hari lagi. Bagi Kalian yang bingung menu buka puasa, berikut ini adalah resep ikan nila bumbu kuning yang bisa disajikan untuk keluarga. 

Bulan puasa akan segera tiba beberapa hari lagi. Bagi Kalian yang bingung menu buka puasa, berikut ini adalah resep ikan nila bumbu kuning yang bisa disajikan untuk keluarga.

Bahan Ikan Nila Bumbu Kuning

Bahan Utama Ikan Nila Bumbu Kuning:

2 ekor ikan nila

Bumbu:

1 lembar daun jeruk
2 cm lengkuas (memarkan)
2 lembar daun salam
1 buah mentimun ukuran besar (buang bijinya dan potong panjang)
5 buah cabe rawit
2 batang serai (memarkan) Minyak untuk menumis
1 buah wortel ukuran besar (potong panjang)
200 ml santan Garam secukupnya Bawang goreng untuk taburan

Bahan dan Bumbu Ikan Nila bumbu kuning yang Dihaluskan:

1/2 sdt lada
2 cm kunyit
1 buah kemiri
2 siung bawang putih
4 buah bawang merah
1/2 sdt ketumbar
Gula secukupnya
Garam secukupnya

Cara Masak Ikan Nila Bumbu Kuning

1. Hal pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu untuk memulai langkah pada resep kali ini adalah dengan memulainya dengan membersihkan ikan nila yang sudah anda persiapkan sebelumnya. Untuk membersihkan ikan nila silahkan masukkan ikan kedalam wadah dan ambil ke tempat cucian. Silahkan cuci bersih ikan secara merata.

2. Setelah selesai dibersihkan lanjutkan membersihkan sisik ikan nila dengan menggunakan pisau atau sendok secara merata. untuk mempermudah membersihkan sisik ikan, anda bisa melakukanya dari bagian ekor kebagian kepala.

3. Selesai memberisihkan sisik ikan, lanjutkan membersihkan insang dikepala ikan dengan cara memutusnya dengan menggunakan tangan dan buang insang yang sudah anda bersihkan.

4. Lalu bersihkan pula isi perut ikan dengan cara berikan sayatan di perut ikan secara merata dan keluarkan isis perutnya lalu bersihkan bagia dalam perut ikan higga kotoran yang ada didalamnya bisa dibersihkan secara merata.

5. Jika semua bagian ikan sudah dibersihkan secara merata, silahkan belah ikan menjadi dua bagian. Lalu berikan lumuran air jeruk nipis dan taburan garam pada ikan secara merata agar bau amis yang menempel pada ikan bisa dibersihkan secara merata. Sisihkan sementara.

Cara Membuat Ikan Nila Bumbu Kuning:

1. Kita panaskan wajan diatas kompor yang menyala dan masukkan bumbu yang telah dihaluskan kedalamnya. Aduk-aduk merata sampai bumbu mengeluarkan aroma harum yang sedap dan nikmat.

2. Tambahkan daun jeruk beserta dengan serai yang telah dimemarkan, lengkuas dan daun salam. Aduk-aduk dan tumis hingga bahan ini menadi lebih layu serta aromanya menjadi lebih harum.

3. Masukkan cabai rawit kedalamnya bersama dengan wortel dan timun juga ikan nila yang telah dibersihkan. Aduk-aduk merata secara sempurna.

4. Setelah itu, tuangkan santan kedalamnya dan cicipi bumbunya. Jika masih kurang jangan sungkan untuk menambahkan lebih banyak bumbu kedalamnya.

5. Masak dan aduk hingga bumbu meresap pada ikan secara merata sampai ikan yang dimasak menjadi lebih matang secara merata.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan