7 Buah untuk Buka Puasa, Kesukaanmu Nomor Berapa?

  • Whatsapp
7 Buah untuk Buka Puasa, Kesukaanmu Nomor Berapa?

Saat berpuasa kita harus memenuhi kebutuhan mineral untuk tubuh. salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Adapun jenis buah untuk buka puasa harus kita ketahui, buah mana kah yang tepat untuk mendukung kita beribadah puasa selama sebulan penuh.

Buah memiliki berbagai vitamin dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Lantas, buah apa sajakah yang baik dikonsumsi selama bulan suci Ramadan? Simak rekomendasinya berikut ini!

Buah untuk buka puasa

1. Kurma

Buah kurma sangat kaya akan kandungan glukosa dan fruktosa dan bermanfaat untuk mengembalikan energi yang hilang dari tubuh ketika berpuasa. Buah kurma juga masuk dalam sunnah Nabi untuk dikonsumsi terutama ketika berbuka puasa.

Karena itulah, buah kurma merupakan buah yang baik dikonsumsi selama bulan Ramadhan.

2. Semangka

Buah semangka mengandung Likopen yang ampuh menangkal serangan radikal bebas dan anti kanker. Selain itu, buah semangka adalah sumber antioksidan serta vitamin C dan A melimpah. Buah semangka sudah lama dikenal sebagai pendingin tubuh.

Karena itu, buah semangka termasuk kedalam buah yang baik dikonsumsi selama bulan Ramadhan.

3. Apel

Buah yang baik dikonsumsi selama bulan Ramadhan selanjutnya adalah buah apel. Buah apel mengandung vitamin dan mineral dan kandungan gizi sangat tinggi. Buah apel juga dapat menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai penyakit.

Selain itu, apel juga membuat kita agar merasa kenyang lebih lama jika kita mengonsumsinya saat sahur.

4. Jeruk

Kamu pastinya pernah memakan jeruk setelah makan besar ataupun setelah berbuka puasa bukan? Buah jeruk memiliki kandungan seperti asam folat dan antioksidan yang membantu melawan penyakit.

Selain dapat dikonsumsi langsung, buah jeruk juga dapat diolah menjadi jus menyegarkan yang bisa dikonsumsi selama bulan Ramadhan.

5. Pisang

Buah pisang memiliki kandungan potasium tinggi dan bermanfaat bagi jantung. Pisang  baik dikonsumsi oleh penderita berbagai penyakit seperti diabetes, anemia, maag, dan masih banyak lagi.

Pisang juga dapat memberikan energi dalam waktu singkat sehingga cocok dikonsumsi saat bulan Ramadhan. Buah pisang sangat cocok dikonsumsi saat sahur agar membantu tubuh tetap segar.

6. Pepaya

Mungkin kamu sudah mengetahui bahwa buah pepaya sangat baik bagi pencernaan. Ternyata buah pepaya tidak hanya berfungsi untuk melancarkan pencernaan lho!

Namun, pepaya juga mengandung betakaroten, beta-cryptoxanthin, lutein dan zeaksantin serta memiliki banyak kandungan vitamin C yang tentunya sangat baik dikonsumsi saat bulan Ramadan.

7. Anggur

Buah anggur memiliki kandungan gizi penting seperti vitamin C, B1, B6, serta mineral seperti mangan dan kalium. Kandungan Mangan diperlukan dalam sintetis energi, sehingga dapat membantu menjaga kestabilan gula di dalam darah.

Selain itu, anggur juga mengandung melatonin, hormon yang membantu mengatur jam biologis tidur sehingga baik untuk dikonsumsi saat bulan suci.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan