Jangan Boros! ini 3 Cara Bijak Memanfaatkan THR

  • Whatsapp
Gaji Ke-13

Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi hal yang ditunggu-tunggu banyak orang, tidak jarang kita  mulai memikirkan barang-barang impian yang ingin dimiliki. Oleh karena itu penting bagi kita memiliki skill untuk membagi dan memanfaatkan THR.

Karena dengan memiliki skill memanfaatkan THR dan membaginya,  uang kita tidak akan ludes dalam waktu singkat dan penggunaannya akan lebih bermanfaat. Jadi saat menerima THR, kamu harus tahu cara bijak dalam memakainya.

Cara memanfaatkan THR

1. Belanja kebutuhan Hari Raya

Perlu diingat kembali, THR yang diberikan bukan digunakan untuk foya-foya, melainkan untuk menunjang kebutuhan Hari Raya Anda. Seperti yang diketahui, harga bahan pokok, misalnya, menjulang jelang Lebaran.

Nah, jika ingin memanfaatkan THR dengan bijak, Anda bisa membeli bahan pokok guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Di sisi lain, Anda juga bisa kok belanja baju baru untuk Lebaran. Asal, Anda tidak tergiur diskon sehingga Anda jadi lebih boros, ya.

Sebelum membeli baju baru, pikirkan dulu apakah Anda benar-benar membutuhkan benda tersebut. Tidak masalah, lho, tidak membeli baju baru untuk Lebaran tahun ini.

Oh ya, selain berbelanja untuk kebutuhan Hari Raya, mengapa tidak menunaikan kewajiban untuk membayar zakat juga?

2. Melunasi utang atau cicilan yang menumpuk

Utang juga adalah kewajiban, jadi mesti Anda bayar. Nah, Anda pun bisa mengalokasikan sekian persen dari THR untuk melunasi utang atau cicilan yang sedang dijalani, paling besar 30%.

Mengapa 30% saja? Sebab, Anda tentu punya kebutuhan lain yang harus dipenuhi, kan?

Sebagai contoh, Anda mendapat THR Rp6 juta. Nah, 30% dari THR yang  bisa Anda alokasikan untuk utang dan cicilan sebesar Rp1,8 juta.

Namun, bagaimana jika utang dan cicilan lebih besar? Anda bisa mencicil di bulan selanjutnya.

3. Ditabung dan diinvestasikan

Sebaiknya uang THR tidak kamu gunakan untuk memenuhi pengeluaran sehari-hari, tetapi untuk pemakaian jangka panjang. Jadi sisihkan uang THR-mu untuk modal investasi. Dengan begitu, uang THR jadi semakin bermanfaat dalam kehidupan finansial kamu.

Ditambah lagi, modal ini kamu dapatkan secara cuma-cuma, maka keuntungan kamu jadi berlipat kali ganda. Pakai sekitar 10 persen dari THR untuk investasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan