7 Sunah Sebelum Sholat Idul Fitri

  • Whatsapp
Dilakukan 1 Tahun sekali, ini Keutamaan Sholat Ied

Satu syawal 1442 H jatuh pada hari kamis, 13 Mei esok hari. Sebagian besar umat islam bersiap menyambut datangnya Hari raya Idul Fitri dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengadakan sholat Idul Fitri di masjid maupun musholla. Namun sebelum melaksanakan sholat Ied, terdapat beberapa hal sunnah yang sangat baik dilakukan, yaitu:

1.Menghidupkan Malam Idul Fitri

Malam idul fitri merupakan salah satu malam yang mustajab sehingga sangat disunnahkan untuk menghidupkan malam Idul Fitri. Jadi, pada malam Idul Fitri, kita tetap perlu mengisinya dengan berbagai ibadah seperti berzikir, salat berjamaah, tahajud, dan sebagainya.

2.Membaca Takbir

Muhammad Saiyid Mahadhir dalam buku Bekal Ramadhan, mengatakan bahwa pada malam hari raya, umat muslim boleh melakukan takbiran dengan meninggikan suara. Takbiran tidakhanya dilakukan di dalam masjid, tapi juga di rumah, jalan-jalan, dan di berbagai tempat lainnya. Adapun tujuan dari takbiran ini adalah sebagai isyarat bahwa Ramadhan telah usai.

3.Mandi dan Mengenakan Pakaian Terbaik

Sebelum berangkat untuk menunaikan salat Ied, disunnahkan agar umat muslim mandi terlebih dahulu. Pada lebaran kali ini, walaupun kita tidak bisa menunaikan sholat Idul Fitri seperti biasanya karena pandemi covid-19, kita tetap disunnahkan untuk mandi dan mengenakan pakaian terbaik sebelum salat Idul Fitri. Pakaian terbaik adalah pakaian dengan harga termahal yang kita miliki.

4.Memakai parfum

Selain mandi dan mengenakan pakaian bagus, disunnahkan pula untuk memakai parfum. Nabi sangat menyukai sesuatu yang bersih, indah dan wangi. Apalagi, ketika menunaikan sholat Idul Fitri, akan ada orang lain juga. Tidak nyaman jika berbau kurang sedap.

5.Makan sebelum Sholat Ied

Dalam buku berjudul Praktek Sholat ‘Ied yang ditulis oleh Galih Maulana, kita disunnahkan untuk makan terlebih dulu sebelum menunaikan sholat Idul Fitri. Untuk makanannya sendiri sebetulnya terserah, hanya saja yang disunnahkan adalah makan kurma dalam jumlah yang ganjil.

6.Berangkat Pagi

Walaupun perlu mandi, berpakaian bagus, dan berdandan yang baik sebelum berangkat salat Ied, disunnahkan agar umat muslim tidak berangkat mepet atau terlalu siang. Hendaknya, setelah salat subuh segera bersiap-siap sehingga dapat berangkat salat Ied tanpa terburu-buru

7.Pulang dan Pergi ke Masjid dengan Jalan Berbeda

Rasulullah SAW memilih rute perjalanan yang berbeda saat berangkat dan pulang sholat Idul Fitri. Nabi memilih rute lebih panjang saat berangkat karena keberangkatan dinilai lebih utama

Baca juga: Hasil Sidang Isbat: 1 Syawal Bertepatan pada 13 Mei

Pos terkait

Tinggalkan Balasan